Kedatangan Wisatawan Mancanegara Ke Semarang Disambut Tarian, Kuliner Hingga Handicraft

SEMARANG, 30/3 (BeritaJateng.net) – Pariwisata di Kota Semarang kini mulai diminati oleh para turis asing kapal pesiar. Sebanyak 170 wisatawan asing dari MV World Cruise yang singgah di pelabuhan Tanjung Emas berkesempatan keliling beberapa tempat wisata di Semarang, Rabu (29/3).

Bahkan secara istimewa wisman yang berasal dari berbagai negara seperti Swedia, Kanada, Amerika, Cina, Jepang dan lainnya dijamu di Balaikota Semarang untuk dipertunjukan kesenian, budaya dan beberapa informasi tempat wisata di Semarang.

Kepala Dinas Kebudayaaan dan Pariwisata Kota Semarang Masdiana Savitri menyampaikan, kunjungan MV World Cruise merupakan kapal pesiar ketiga kalinya dari 17 jadwal kedatangan selama di 2017.

“Kita sambut mereka di Balai Kota untuk dikenalkan budaya tarian, kuliner dan aneka handycraft Semarangan. Jadi mereka tak usah kemana-mana untuk mencari oleh-oleh khas Semarang,” katanya, di Balaikota Semarang.

Setelah dari Balaikota, wisman diajak oleh agen wisata untuk berkeliling ke beberapa destinasi seperti Klenteng Sam Poo Kong, Vihara Budhaghaya, Lawang Sewu, dan terakhir mengunjungi Gereja Blenduk di Kota Lama Semarang.

“Waktu mereka sedikit hanya delapan jam selama berlabuh, jadi kita ajak mereka hanya kebeberapa tempat saja, sebenarnya mereka suka susana natural seperti Gua Kreo,” katanya.

Sementara, pegiat wisata Semarang Benk Mintosih mengaku senang dengan kunjungan wisman dari kapal pesir. Sebelumnya Semarang hanya sebagai tempat transit saja, wisman hanya menuju ke Borobudur atao Jogjakarta.

“Kita apresiasi agen wisata yang jeli menangkap peluang ini, sudah bisa menyinggahkan wisatawan asing untuk berkeliling Semarang,” katanya.

Dia berharap dari beberapa kunjungan kapal pesiar kedepan untuk bisa lebih mempersiapkan lagi fasilitas dan apa saja yang bisa ditampilkan kepada wisatawan asing.

“Tadi disampaikan Kepala Disbudpar jika kedepan akan diperbanyak dan dikhususkan ada tarian selamat datang kepada para wisman,” katanya. (El)

Tulis Komentar Pertama