Home Lintas Jateng Kecelakaan Lalin di Pekalongan Didominasi Pelajar

Kecelakaan Lalin di Pekalongan Didominasi Pelajar

image
Ilustrasi

Pekalongan, 30/11 (Beritajateng.net)– Kecelakaan lalu lintas di Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah, hingga akhir November 2014 didominasi oleh para pelajar, kata Kepala Kepolisian Resor Pekalongan, AKBP Indra Krismayadi.

“Oleh karena itu, untuk menekan kecelakaan lalu lintas di jalan raya, kami akan memberikan mata pelajaran pendidikan disiplin lalu lintas pada pelajar,” katanya di Pekalongan, Minggu.

Menurut dia, jumlah kecelakaan lantas pada 2013 sebanyak 3.429 kasus dengan korban meninggal dunia 466 jiwa, luka berat 202 jiwa, dan luka ringan 750 jiwa.

Sedangkan jumlah angka kecelakaan hingga akhir November 2014, kata dia, sudah mencapai sebanyak 7.584 kasus dengan jumlah korban meninggal dunia 1.086 jiwa, luka berat 470 jiwa, dan luka ringan 992 orang.

“Angka kecelakaan lalu lintas pada 2014 cenderung meningkat dibanding tahun sebelumnya. Jumlah angka kecelakaan ini didominasi oleh para pelajar,” katanya.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pekalongan, Umaidi mengatakan pemkab sadar jika pendidikan, termasuk mata pelajaran pendidikan disiplin lalu lintas selalu berkaitan dengan perubahan atau perkembangan zaman.

“Peraturan dibuat oleh lembaga dengan tujuan agar masyarakat berperilaku lebih baik, seperti pada aturan anak mengendarai motor harus berusia 17 tahun. Akan tetapi, saat ini anak SMP yang belum berusia 17 tahun sudah mengendarai sepeda motor,” katanya.

Ia mengatakan pemkab sudah menerapkan tata tertib pada siswa SMP agar ke sekolah tidak boleh membawa sepeda motor karena mereka belum boleh mengendarai kendaraan.

“Sebenarnya kita sudah menerapkan materi pelajaran tersebut karena sekolah juga tak ingin siswanya menjadi korban kecelakaan dan tetap disiplin,” katanya.(ant/pj)

Advertisements