Home Kesehatan Kebiasaan Menggosok dan Merawat Gigi Penting Dikenalkan Pada Anak Usia Dini

Kebiasaan Menggosok dan Merawat Gigi Penting Dikenalkan Pada Anak Usia Dini

1219
Pemeriksaan gigi dilakukan sejak dini.

Semarang, 1/4 (BeritaJateng.net) – Membiasakan anak merawat dan menggosok gigi sejak usia dini sangat diperlukan agar kesehatan giginya tetap terjaga. Kebiasaan menggosok gigi dua kali sehari sangat membantu untuk menanamkan pola hidup bersih dan sehat (PHBS) bagi anak-anak.

Begitu pula yang dilakukan 73 siswa Kelompok Bermain TK Khalifah 25 bertempat di Jalan Karang Lo No. 64 Gemah Semarang, Jumat (1/4).

Eka Mulyaningsih., S.Pd selaku Kepala Sekolah TK Khalifah 25 menuturkan untuk mengenalkan pentingnya gosok gigi dan mengenalkan kepada anak cara gosok gigi yang benar maka diadakanlah kegiatan gosok gigi dan kunjungan dokter gigi bersama Perawat Gigi, Nabila Amalia., Am Kg.

Kegiatannya meliputi edukasi cara menggosok gigi yang benar serta praktik menggosok gigi. “Dengan demikian, anak-anak mampu mempersiapkan mindset untuk tidak takut menggosok gigi,” tutur Eka, Jumat (1/4) siang.

Anak-anak harus diajarkan cara menggosok dan merawat gigi dengan benar
Anak-anak harus diajarkan cara menggosok dan merawat gigi dengan benar

Dijelaskannya, kegiatan ini dibagi ke dalam tiga tempat, ruang aula untuk edukasi cara menggosok gigi, sedangkan untuk pemeriksaan giginya ada di ruang Sentra Balok, adapun kegiatan gosok giginya berada di halaman sekolah karena membutuhkan tempat yang cukup luas.

Total ada 10 guru dari TK Khalifah 25 yang mendampingi siswa siswinya saat praktik menggosok gigi. Mereka sangat antusias meski awalnya harus dibujuk karena takut bahkan ada yang menangis. Sebut saja Bisma, siswa kelas TK B ini awalnya takut saat diminta perawat gigi untuk menggosok gigi karena giginya ada yang goyang. Bisma takut jika diminta untuk mencabut giginya ke rumah sakit.

Dikatakan Nabila, secara keseluruhan kegiatan terkondisikan dengan lancar. “Rata-rata kesehatan giginya sudah bagus semua, namun orang tua dalam hal ini juga akan mendapat rekomendasi kesehatan gigi untuk anaknya, apakah ada yang harus dicabut atau ditambal,” jelas Nabila.

Sementara itu, Kepala Sekolah TK Khalifah 25 berpesan kepada anak didiknya dengan adanya kegiatan ini mereka bisa tahu dan lebih rajin menggosok gigi.

“Mereka menjadi lebih tahu bahwa menggosok gigi baik dilakukan sehari dua kali, sebelum tidur malam dan pagi setelah sarapan,” pungkasnya. (BJT01)