Keberadaan Museum Perpustakaan Rekso Pustaka Perlu Di Lestarikan

Amani tunjukkan koleksi foto kuna yang mulai rusak.

SOLO, 5/3 (BeritaJateng.net) – Keberadaan perpustakaan di dalam lingkungan Pura Mangkunegaran jarang diketahui masyarakat ataupun wisatawan.  Perpustakaaan yang bernama Reksa Pustaka  berada di sisi timur pendhapa agung Pura Mangkunegaran.

Amani Pujiastuti, pelaksana harian pengelola perpustakaan Reksa Pustaka menjelaskan perpustakaan berada di salah satu ruangan di lantai dua yang menyimpan banyak sekali koleksi buku dan naskah kuno yang tersusun di dalam rak kayu. Semuanya karya dari Mangkunegoro yang bertahta di Pura Mangkunegaran.

Beragam koleksi yang di simpan, bahkan sebagian warnanya sudah memudar kuning kecoklatan yang menunjukkan bahwa buku dan naskah itu usianya sudah sangat tua bahkan ada koleksi dari abad keb18 yang menggunakan bahasa Belanda.

“Koleksinya selain berbahasa Jawa sebagian koleski naskah dan buku kuno berbahasa Belanda, kebanyakan buku tentang hukum,” jelas Amani di Pura Mangkunegaran, Jumat (4/3/2016).

Dalam sehari, ungkap Amani, pengunjungnya sekitar 10 orang yang kebanyakan merupakan mahasiswa yang sedang melakukan penelitian. Namun ada juga beberapa yang merupakan wisatawan.

Untuk masuk dalam museum yang buka setiap hari Senin – Sabtu mulai jam 09.00 WIB – 12.00 WIB pengunjung gratis alias tidak dikenakan biaya. Pengunjung juga bisa berfoto di ruangan dan juga koleksi buku.

“Namun jika pengunjung akan mengambil gambar koleksi foto harus membayar Rp. 35 ribu yang merupakan biaya untuk perawatan foto,” jelasnya.

Amani juga menyampaikan koleksi foto banyak yang rusak. Seharusnya penyimpanan foto dengan cara di gantung di tempat khusus. Namun karena terbentur biaya, niat tersebut belum bisa terealisir.

Terkait perawatan buku dilakukan setahun sekali dengan fungisida dimana ruang perpustakaan akan disemprot agar mematikan rayap pemakan buku.

Saat ini, lanjut Amani pihak Rekso Pustaka berencana melakukan digitalisasi naskah kuno bekerja sema dengan Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo. (Bj24)

Tulis Komentar Pertama