Home Headline Kebakaran Saat Evakuasi Crane Roboh Timpa Kontainer di TPKS

Kebakaran Saat Evakuasi Crane Roboh Timpa Kontainer di TPKS

440
Kebakaran Saat Evakuasi Crane Roboh Timpa Kontainer di TPKS

Semarang, 20/7 (BeritaJateng.net) – Tumpukan kontainer yang rusak akibat tertimpa crane di Terminal Peti Kemas Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, Jumat, terbakar. Petugas Pemadam kebakaran dikerahkan untuk memadamkan dan melokalisir api agar tidak merambat.

Peristiwa terjadi sekitar pukil 16.30 WIB disaat proses pemindahan bangkai alat berat yang roboh akibat tersenggol kapal MV. Soul of Luck beberapa waktu lalu.

General Manager TPKS Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, Recky Julius Uruilal menjelaskan pengelasan dilakukan dari bagian atas kontainer. Panas tersebut merambat dan menyebabkan kardus di dalam kontainer terbakar.

Menurut dia, sejumlah kontainer yang tertimpa crane tersebut berisi material yang mudah terbakar.

“Mungkin panas dari dindingnya, di dalamnya panas. Itu karton asapnya tinggi, api juga tidak keluar,” ujarnya.

Kebakaran Saat Evakuasi Crane Roboh Timpa Kontainer di TPKS

Ia menjelaskan kontainer yang terbakar bukan merupakan kontainer baru. Kontainer yang terbakar di bagian dalam tersebut antara lain berisi karton pembungkus yang mudah terbakar.

Kontainer-kontainer yang terbakar ini, lanjut dia, sudah dijamin ganti ruginya oleh asuransi.

“Ini sudah asuransi, jadi ini kontainer yang tertimpa kemarin, bukan kontainer baru,” tambahnya.

Sementara itu, Kapolsek KP3 Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, AKP Samsu Wirman mengatakan api juga mengenai isi kontainer seperti kain dan firniture. Api bisa padam pukul 18.20 WIB.

“Isi kontainer ada furniture dan konveksi. Yang kena (kebakaran) ada 3 kontainer,” ujar Kapolsek KP3 Pelabuhan Tanjung Emas Semarang.

Untuk diketahui, kontainer crane nomor 3 TPKS Pelabuhan Tanjung Emas Semarang robih tertabtak kapal MV Soul of Luck.

Sebelumnya, kapal Soul of Luck berbobot mati 16.915 GT menyenggol hingga roboh container crane paling ujung di Terminal Peti Kemas Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, Minggu sore.

MV.Soul of Luck bertolak dari Pelabuhan Port Klang Malaysia pada 11 Juli 2019 dan tiba di Semarang pada 14 Juli. Proses evakuasi terus dilakukan dan kerugian diperkirakan mencapai Rp 60 miliar. (NH/El)