Home Lintas Jateng Kebakaran Mapolda Jateng Karena Korsleting Listrik Jenis Tunggal

Kebakaran Mapolda Jateng Karena Korsleting Listrik Jenis Tunggal

IMG_20151005_144457

Semarang, 5/10 (BeritaJateng.net) – Penyebab kebakaran Mapolda Jawa Tengah yang menghanguskan beberapa gedung dan sejumlah ruangan beberapa waktu lalu, sudah menemui titik terang.

Hal itu disampaikan Kepala Bidang Humas Polda Jawa Tengah, Kombes Pol Lilik Darmanto, di Mapolda Jateng, Jalan Pahlawan No. 1 Semarang, Senin (5/10) siang.

Sebelumnya, Tim Labfor Bareskrim Polri cabang Semarang telah menyelesaikan analisa terkait penyebab kebakaran tersebut. Hasilnya diketahui penyebab kebakaran adalah hubungan pendek arus listrik di salah satu ruang yang ada di lantai tiga.

“Hubungan pendek arus listrik terjadi akibat beberapa kabel berukuran 3 mm x 2,5 mm yang disatukan. Kabel yang disatukan itu kemudian panas dan bagian karet meleleh hingga tembaga saling bersentuhan,” ujar Lilik.

Lebih lanjut, Lilik menjelaskan mengenai hasil dari penyelidikan Labfor yang diketahui bahwa beban listrik mengakibatkan pemanasan.

“Adanya karet yang lama-lama membuat kabel akan aus dan hilang, karet disini meleleh antara kabel satu dan dua lama-lama panas mengakibatkan asap, lalu muncul api, sebelum kemudian terbakar,” jelasnya.

Ketika diwawancarai sejumlah wartawan, Liliek menunjukkan salah satu kabel yang terbakar dan menunjukkan beberapa foto terkait lokasi kebakaran di gedung tersebut. Sementara instalasi listrik di gedung yang terbakar masih memakai instalasi lama sedangkan beban listrik semakin bertambah.

“Jadi kesimpulan penyebab kebakaran yaitu hubungan pendek arus listrik jenis tunggal,” pungkasnya. (bjt02)