Home Lintas Jateng Kebakaran Lawu Meluas Dekati Perkampungan

Kebakaran Lawu Meluas Dekati Perkampungan

491

Kebakaran Lawu
KARANGANYAR, 26/10 (BeritaJateng.net) – Api yang membakar hutan di kawasan gunung Lawu belum berhasil di padamkan. Bahkan api terlihat sudah mulai menjalar hingga Pos I Cemoro Sewu. Padahal di sekitar lokasi banyak sekali perkampungan penduduk. 

Kobaran api sudah terlihat semakin membesar beberapa hari terakhir dan saat ini sudah mengancam pemukiman penduduk. Upaya pemadaman api mulai mengerahkan mobil pemadam kebakaran dari wilayah Karanganyar, Jawa Tengah dan Magetan, Jawa Timur.

Rifan, salah satu relawan dari Karanganyar Emergncy menjelaskan kebakaran mulai mengarah pada pemukiman di sekitar wilayah Cemoro Sewu. Saat ini pemadam kebakaran masih berusaha membasahi sekitar lokasi masuk cemoro sewu agar api tidak menyebar. 

“Upaya pemadaman masih terus berlangsung. Namun pemadaman terkendala karena minimnya mobil pemadam dan personilnya,” jelas Rifan di Cemoro Sewu Karanganyar, Minggu (25/10/2015). 

Rifan juga menjelaskan kabut asap mulai menutupi kawasan wisata Tawangmangu, Cemoro Kandang juga Cemoro Sewu. Namun tidak menyurutkan niat pengunjung untuk berwisata. 

Sementara itu Komandan SAR Karanganyar Emergency menyebutkan konsentrasi pemadaman di fokuskan pada wilayah Cemoro Sewu, namun titik api juga mulai terlihat di wilayah Cemoro Kandang, Jawa Tengah tepatnya di sekitar pos 2 Cemoro Kandang.

“Kondisi kebakaran semakin meluas. Kemarin terlihat api sudah mulai membakar hutan di kawasan utara  Pancot, Tawangmangu,”  jelas Joko Sunarto yang biasa di panggil Pak Po. 
Kebakaran hutan Lawu terang Pak Po terpantau jelas di kawasan gunung Purung yang lokasinya dekat dengan telaga Madirgo. Semakin malam api semakin membesar karena anginnya juga semakin kencang. 

Bahkan lanjutnya pergerakan api selama beberapa hari terakhir mulai bergerak cepat. Dikhawatirkan api akan semakin meluas karena pergerakan angin tidak bisa di prediksi. Api mulai terlihat turun ke atas wilayah Tahura. 

“Harus segera diupayakan pemadaman. Pasalnya jika dibiarkan akan merusak sumber mata air yang menjadi sandaran masyarakat di sekitar lereng Lawu,” lanjutnya. 

Sementara itu kabar terakhir upaya pemadaman api di sekitar Cemoro Sewu masih terus berlangsung. Mobil pemadam kebakaran dari beberapa Kabupaten di sekitar lereng Lawu juga di kerahkan untuk membantu pemadaman. (BJ24)