Home Headline Kebakaran Kapal Kayu Bermuatan Sembako di Pelabuhan Tanjung Emas

Kebakaran Kapal Kayu Bermuatan Sembako di Pelabuhan Tanjung Emas

558
Kebakaran Kapal Kayu Bermuatan Sembako di Pelabuhan Tanjung Emas

Semarang, 21/11 (BeritaJateng.net) – Kapal kayu bermuatan bahan kebutuhan pokok terbakar di Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang kamis (21/11) siang. Kapal Layar Motor Cahaya Mandiri merupakan salah satu transportasi laut yang mengangkut kebutuhan pokok ke sejumlah wilayah di Kalimantan.

Kencangnya angin membuat api dengan cepat membesar dan membakar seluruh bagian kapal di didermaga pelayaran rakyat kawasan Pelabuhan Tanjung Emas  Semarang, tepat di depan kantor KSOP tanjung emas.

“Kejadian sekitar pukul 13.30 diawali dengan suara ledakan yang diduga berasal dari dapur terletak di bagian belakang bawah kapal,” ungkap Kepala KSOP Tanjung Emas, Semarang, Ahmad Wahid saat memantahui proses pemadaman kapal.

Saat terjadi kebakaran, kapal tersebut memuat berbagai bahan kebutuhan pokok, seperti elpiji, kasur matras, sembako, makanan ringan, dan lainnya

“Kapal membawa sembako rencananya akan di bawa ke Ketapang, Kalimantan,” katanya.

Untuk mengantisipasi kebakaran yang lebih meluas, dikerahkan kapal pemadam kebakaran dari pelindo, dinas kebakaran kota semarang dan water canon Polrestabes Semarang, untuk memadamkan besarnya api.

Dalam peristiwa tersebut 2 anak buah kapal mengalami luka dan langsung dilarikan ke rumah sakit terdekat. Besarnya api juga berimbas pada kapal basarnas yang bersandar bersebelahan dengan kapal layar motor cahaya motor. Selain itu dua sepeda motor yang terpakrkir tidak jauh dari kapal juga meleleh akibat panasnya api yang membakar kapal.

“Ada dua orang ABK yang cedera, sudah dibawa ke rumah sakit, keduanya mengalami luka ringan,” ujarnya.

Belum diketahui pasti penyebab terbakarnya kapal layar motor cahaya motor di dermaga perairan rakyat. Hingga kini polisi dan otoritas pelabuhan tanjung emas masih menyelidiki penyebab kebakaran. (Nh/El)