Home Lintas Jateng Keakraban TNI dan Masyarakat Sangat Dinikmati

Keakraban TNI dan Masyarakat Sangat Dinikmati

image
Peresmian jalan yang dibangun melalui program TMMD Sengkuyung I Tahun 2015 di Kudus.

Kudus, 27/5 (Beritajateng.net)-Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) yang memprioritaskan membenahi infrastruktur pedesaan. Dalam acara penutupan TMMD Sengkuyung I Tahun 2015 di Desa Terangmas, Kecamatan Undaan Kudus, warga tampak antusias menyambut hasil kerja TNI. 

Salah seorang warga Desa Terangmas, Sadiyem (67) kepada Beritajateng.net mengatakan TMMD banyak memberikan dampak positif bagi warga. Salah satunya, melalui kegiatan pembangunan fisik membenahi kerusakan infrastruktur dengan tetap melibatkan partisipasi masyarakat setempat. ”Selama para tentara berada di desa kami memperbaiki jalan, keakraban antara TNI dengan masyarakat sangat dinikmati. Ketika mereka sedang istirahat, warga banyak saling curhat tentang kehidupan sehari-hari,” tuturnya.

Dengan adanya program TMMD, lanjutnya, kerusakan infrastruktur desa yang belum ditangani pemerintah setempat bisa segera diatasi. Dan, salah satu yang membuat warga sangat tertolong program TMMD yakni warga tidak dipungut biaya apapun. ”Warga hanya kebagian menyiapkan makanan kecil dan minuman selama TMMD berlangsung. Itupun dilakukan secara bergantian,” imbuhnya. 

Tanggapan senada diungkapkan Sunarto (46). Menurutnya, kedatangan personel TNI juga memberi dampak lainnya. Salah satunya, masyarakat sekitar merasa bahwa kegiatan seperti itu menjadikan kedekatan TNI dengan masyarakat semakin bisa dirasakan. ”Apalagi belakangan ini TNI turun langsung membantu memajukan pertanian, rasanya kami seperti menemukan teman baru dalam mengelola pertanian,” tegasnya. 

TMMD Sengkuyung I Tahun 2015 digelar di Desa Terangmas, Kecamatan Undaan. Pelaksanaan kegiatan yang dimulai 7 Mei 2015 secara resmi ditutup dengan inspektur upacara Bupati Kudus H Musthofa dan dihadiri Dandim 0722 Letkol Arh Ibnu Sukelan serta unsur Muspida lainnya. Penutupan dilakukan secara meriah di lapangan Desa Kalirejo, Kecamatan Undaan dengan penampilan marching band dan tarian oleh sejumlah siswa sekolah.

Terkait kegiatan fisik yang sudah dituntaskan, Dandim menyebut pengecoran jalan sepanjang 474 meter. Tidak hanya itu, TMMD juga membangun pos kamling serta gorong-gorong di Desa Terangmas.Sedangkan sumber dana dari kegiatan yang mencapai Rp 322,7 juta didapat dari APBD Provinsi, APBD Kudus, dan swadaya masyarakat. (BJ12)