Home Hukum dan Kriminal Kawanan Rampok Di Dor Polisi Saat Berusaha Kabur

Kawanan Rampok Di Dor Polisi Saat Berusaha Kabur

Semarang, 21/1 (BeritaJateng.net) – Satuan Reserse Kriminal Polrestabes Semarang yang dipimpin Kasubnit I Resmob Aiptu Janadi beserta Ipda Dimas Charis Nugroho meringkus kawanan perampok spesialis rumah kosong.

Sedikitnya empat pelaku berhasil diamankan petugas, diantaranya Darkowi (49) dan Asmuni (47) keduanya warga Palembang, Rahmat (39) warga Bandar Lampung serta Rodi Gunawan (35) warga Tangerang.

Para pelaku terpaksa dilumpuhkan dengan timah panas pada bagian kakinya, karena berusaha kabur saat petugas melakukan penangkapan.

Salah satu tempat yang menjadi aksi pelaku yakni di sebuah rumah yang berada di Vila Tembalang Blok D No 12 Bulusan Tembalang, Kota Semarang, Kamis (14/1) lalu sekira pukul 12.15 WIB. Korban adalah seorang mahasiswa bernama Septian Aldo Pradita (25).

Adapun modusnya, pelaku menggunakan alat berupa linggis dan obeng untuk membuka paksa pintu dan jendela. Namun, sebelum beraksi pelaku terlebih dahulu mengamati kondisi rumah yang akan dijadikan sasaran.

“Muter-muter dulu, begitu dapat peluang saya masuk dengan cara mencongkel,” terang Asmuni kepada petugas saat di Mapolrestabes Semrang, Kamis (21/1) sore.

Selanjutnya kesemua pelaku kini diamankan di Mapolrestabes Semarang, untuk proses penyelidikan lebih lanjut. Sementara, dari tangan tersangka petugas berhasil mengamankan barang bukti beupa sebuah laptop, sebuah handphone, satu televiai LCD, tiga buah cincin emas sebeat 12,5 gram dan tiga buah kalung emas 21,25 gram serta sebuah gelang emas dengan berat 7gram.

“Pelaku akan dijerat dengan pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan pemberatan. Ancaman hukuman maksimal 9 tahun penjara,” tegas Wakapolrestabes Semarang, AKBP Ade Sapari. (Bjt02)