Home Headline Kawanan Pembobol Rumah Kosong Diringkus Polisi

Kawanan Pembobol Rumah Kosong Diringkus Polisi

960

Pembobol Rumah

Semarang, 23/9 (BeritaJateng.net) – Anggota Reskrim Polsek Tembalang Semarang berhasil meringkus kawanan pembobol rumah kosong yang beraksi di sejumlah wilayah di Kota Semarang.

Dua pelaku yang berhasil diciduk masing-masing bernama Harsono (40) warga Dusun Tahunan, Kabupaten Grobogan dan Asep Suherman (28) warga Sidorejo, Kabupaten Demak.

Para pelaku ini terakhir melancarkan aksinya saat membobol rumah milik Ajie Setyawan (38) di Perumahan Graha Taman Bougenville, Tembalang, Rabu (29/7) dini hari.

Kedua pelaku mempunyai peran yang berbeda ketika melakukan aksinya. Harsono sebagai eksekutor dengan memanjat pagar rumah lalu masuk lewat pintu jendela. Sedangkan Asep lebih menunggu di luar rumah sambil mengawasi keadaan.

Meskipun hanya dengan menggunakan sepeda motor, para pelaku ini tak tanggung-tanggung dalam beraksi. Pasalnya, semua barang-barang berharga maupun perabotan elektronik milik korban sanggup mereka gasak hingga ludes.

Aksi para pelaku tergolong cerdik. Kepada petugas, pelaku mengaku punya trik khusus ketika hendak memasuki rumah. Mereka dapat mengetahui ada tidaknya penghuni rumah dengan melihat AC yang terpasang pada bagian luarnya.

“Biasanya saya melihat AC yang terpasang itu nyala atau tidak. Meskipun lampunya mati, tapi kalau AC di rumah itu nyala berarti di dalam ada orangnya, dan begitu juga sebaliknya,” bebernya.

Salah satu pelaku, Asep mengaku kesehariannya ia berjualan bumbu dapur di pasar Johar. Agar tidak dicurigai sebagai pencuri, setiap kali beraksi ia biasanya membawa kain sprai atau kain batik yang akan digunakannya untuk membungkus barang-barang dari hasil kejahatannya.

“Kalau televisi gitu, saya biasa jual di Kokrosono. Bergantung dari kondisi barang juga. Tapi biasanya saya jual mulai harga Rp. 900 ribu hingga Rp. 1,3 juta,” ujarnya ketika ditanya sejumlah wartawan.

Sementara itu, Kapolsek Tembalang, Kompol Ibnu Bagus Santoso menuturkan sebelum melakukan aksinya para tersangka sudah mengawasi rutinitas penghuni rumah yang akan mereka jadikan target.

“Mereka biasa melakukan pada malam hari, ketika kondisi sudah dalam keadaan sepi. Jadi mereka ini tahu, kapan penghuni meninggalkan rumah, kapan memasuki rumah,” terangnya.

Lebih lanjut Kapolsek menjelaskan tersangka yang ditangkap kali ini merupakan residivis, yang sudah beberapa kali melakukan tindak pidana dengan kasus yang beragam. Sebelum tertangkap, mereka diketahui mencuri sebuah notebook dan monitor serta handphone milik salah satu warga Zebra, Pedurungan.

“Pengungkapan ini bermula dari laporan yang masuk. Kemudian kita tindak lanjuti dengan melakukan penyelidikan. Setelah kita kembangkan, hasilnya anggota kita di lapangan dapat menangkapnya. Padahal baru sekitar 3 bulan lalu, atau tepatnya menjelang bulan puasa kemarin yang bersangkutan keluar dari tahanan,” tambah Ibnu.

Beberapa barang bukti yang disita petugas diantaranya sebuah tas, 1 unit sepeda motor dan sejumlah obeng yang sudah di modif serta 2 buah handphone.

Untuk mempertanggung jawabkan perbuatannya, para pelaku digelandang di Mapolsek Tembalang. Keduanya terbukti melakukan tindak pidana sebagaimana pasal 363 KUHP, dan terancam hukuman maksimal 7 tahun penjara. (bjt02)

Advertisements