Home Hiburan Katasapa akan Pentaskan “Gendera neng Ngarep Umah”

Katasapa akan Pentaskan “Gendera neng Ngarep Umah”

348
0
Salah satu pementasan teater.
           Purbalingga, 28/3 (BeritaJateng.net) – Komunitas Teater dan Sastra Perwira (Katasapa) Purbalingga akan menggelar pertunjukan teater dengan tajuk “Gendera Neng Ngarep Umah”, Jumat (30/3) malam. Gelaran tersebut akan berlangsung di panggung terbuka GOR Mahesa Jenar, Purbalingga pukul 19.30 Wib sampai selesai.
            Sutradara sekaligus penulis naskah, Agustav Triono, Rabu (28/3) mengatakan, meskipun proses latihan berlangsung relatif singkat namun dia menjanjikan gelaran tersebut akan tersaji dengan baik. Selain akan diperankan aktor yang sudah sering naik panggung juga ada kekhasan dari naskah tersebut yaitu menggunakan dialek dan bahasa Jawa Penginyongan serta akan diiringi musik calung.
            “Naskah ini mengangkat kisah keluarga dimana kakak beradik yang berbeda pilihan calon kepala daerah hingga menimbulkan konflik diantara mereka. Ya berhubung masih dalam suasana tahun politik,” katanya.
            Aktor yang akan tampil yaitu Trisnanto Budidoyo, Asha Sucita Galuh Larasati, Vandi Romadhon dan Ridho Agung Nugroho. Penata artistik Rone Yuliar serta penata musik Tomo Dalange. Tidak hanya itu, akan ditampilkan pula kesenian calung dari Grup Calung Bambu Laras Desa Bumisari, Kecamatan Bojongsari dan pantomim oleh Ucil Febrianto dari Kadipaten Pantomim Purbalingga.
            “Di tengah keringnya tontonan teater umum di Purbalingga, kami mengharapkan tontonan ini sebagai oase sekaligus pelecut untuk membangkitkan seni teater di tanah perwira ini,” katanya.
            Ketua Katasapa Purbalingga sekaligus Pimpinan Produksi, Ryan Rachman, pementasan ini berkaitan dengan tema Pilkada. Sebab pertunjukan ini juga sebagai sarana sosialisasi akan digelarnya Pilgub Jateng Juni mendatang. Pertunjukan ini didukung oleh KPU Purbalingga dan Polres Purbalingga. “Pertunjukan ini gratis jadi silakan untuk warga Purbalingga untuk diaerapresiasi,” ujarnya. (yit/El)