Home Hukum dan Kriminal Kasus Korupsi SPA, Datangkan Saksi Ahli

Kasus Korupsi SPA, Datangkan Saksi Ahli

SPA

Semarang, 27/8 (beritajateng.net) – Sidang lanjutan Kasus korupsi event Semarang Pesona Asia (SPA) dengan terdakwa Harini Krisniati, Kamis (27/8) mendatangkan saksi ahli Yuni Wibowo dari Perbendaharaan Negara Kementrian Keuangan.
 
Yuni Wibowo dalam kesempatan ini mengungkapkan sesuai peraturan perundang-undangan, dana dari pihak ketiga yang diberikan untuk sponsorship harus dimasukkan dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD).

“Karena dana itu juga merupakan salah satu sumber pendapatan keuangan Negara, dan untuk penggunaanya harus melalui mekanisme keuangan negara. Kalau tidak dimasukkan dalam APBD dan tidak dipertanggungjawabkan sesuai peraturan keuangan Negara, maka penggunaan dana sponsorship itu sudah melanggar sejumlah ketentuan,” terangnya.
 
Kesaksian Yuni dalam sidang tersebut untuk memperjelas kasus dugaan korupsi SPA 2007. Dimana dalam proyek itu, diketahui terdapat dobel anggaran yakni berasal dari APBD Kota Semarang dan APBD Provinsi Jateng senilai Rp3,5 miliar serta adanya bantuan dari pihak sponsorship baik secara tunai maupun barang. (BJT03)