Home Ekbis Karir.com, Portal Karir dan Lowongan Kerja Online Pertama di Indonesia 

Karir.com, Portal Karir dan Lowongan Kerja Online Pertama di Indonesia 

KARIR.COM-Semarang4

Semarang, 4/9 (BeritaJateng.net) – Seiring dengan berkembangnya teknologi dan ilmu pengetahuan, masyarakat ingin mudah dan cepat dalam mengakses informasi. Hal inilah yang melatarbelakangi Karir.com menyediakan kebutuhan lowongan pekerjaan yang mudah lewat portal online.

Chief Marketing Officer (CMO) Karir.com Rizka Septiadi mengatakan Karir.com merupakan portal karier yang pertama kali yang didirikan pada 1999 ketika belum ada “booming” internet, kemudian pada akhir tahun lalu diakuisisi oleh Emtek Group.

“Setelah diakuisisi Emtek Group, kami terus berbenah dan melakukan perombakan total. Karir.com bukan hanya sekadar portal yang menawarkan lowongan kerja pada adik-adik yang baru lulus,” katanya.

Namun, kata dia, Karir.com berupaya untuk memberikan nilai lebih dari sekadar situs lowongan kerja, salah satunya melakukan kerja sama dengan lembaga pendidikan bahasa Inggris English First (EF).

“Pencari kerja bisa mengikuti tes bahasa Inggris yang hasilnya bisa langsung diketahui perusahaan. Jadi, kami memberikan nilai lebih pada kedua pihak, baik ‘career seeker’ dan ’employer’,” katanya.

Baru-baru ini, portal karir dan lowongan kerja “Karir.com” menggelar bursa kerja di Museum Jawa Tengah Ranggawarsita Semarang. Dalam bursa kerjanya tersebut langsung diserbu ribuan pencari kerja, terutama kalangan “freshgraduate” (lulusan baru).

“Jumlah pengunjung bursa kerja ini pada pertama tercatat sampai 2.100 pencari kerja. Selanjutnya pada hari kedua mencapai angka 1.700  orang,” kata Chief Marketing Officer (CMO) Karir.com Rizka Septiadi di Semarang.

Menurut dia, bursa kerja yang diselenggarakan selama dua hari, yakni 30 September-1 Oktober 2015 itu diikuti 25 stand yang menawarkan 330 lowongan kerja.

Dari 25 stand peserta bursa kerja Karir.com itu, kata dia, setidaknya ada tiga stan yang dibuka oleh grup yang terdiri dari banyak perusahaan, yakni Orang Tua Group, Oto Group, dan Pennyu Group.

“Data dari pengunjung bursa kerja di Semarang ini, sebagian pencari kerja adalah lulusan baru, yakni 46,65 persen atau 1.773, sementara 1.471 pencari kerja sudah memiliki pengalaman kerja,” katanya.

Berdasarkan aspek gender, kata dia, perbandingan antara pencari kerja laki-laki dan perempuan seimbang, yakni 50:50 yang semuanya mendaftar pada lowongan sesuai dengan kualifikasi yang dibutuhkan.

Ia mengatakan posisi pekerjaan yang paling diminati pada bursa kerja di Semarang itu, yakni administrasi yang tercatat sebesar 33 persen, kemudian diikuti akuntansi atau keuangan sebesar 16 persen.

“Kalau industri yang paling diminati adalah perdagangan umum yang tercatat sebesar 18 persen, kemudian keuangan atau perbankan sebesar 14 persen, diikuti oleh manufaktur sebesar 12 persen,” katanya.

Rizka menjelaskan bursa kerja itu merupakan rangkaian bursa kerja Karir.com yang ditargetkan sebanyak 16 kali pada tahun ini, selain di Bandung, Jakarta, Medan, Purwokerto, Cirebon, Yogyakarta, dan Surabaya.

“Untuk di Kota Semarang ini memang baru pertama kali. Kalau di Bandung sudah dua kali, kemudian Jakarta, Surabaya, Medan, Yogyakarta juga sudah dua kali digelar bursa kerja Karir.com,” katanya. (Bj05)