Karang Taruna Diharapkan Menjadi Wadah Aktualisasi Pemuda

SEMARANG, 23/5 (BeritaJateng.net) – Karang Taruna Provinsi Jawa Tengah diminta bisa menjadi wadah untuk mengaktualisasikan jatidiri pemuda dalam menuangkan ide, gagasan dan karya nyata.

Himbauan tersebut disampaikan oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menanggapi pelaksanaan Gelar Budaya dan Kuliner yang diselenggarakan 21-22 Mei.

“Saya mengapresiasi gelar budaya dan kuliner yang diserlenggarakan Karang Taruna Jawa Tengah. Kegiatan semacam itu bagus untuk aktualisasi pemuda,” ungkap Ganjar yang disampaikan oleh plt Sekda Jateng Urip Sihabuddin.

Karang Taruna saat ini sudah berkembang menjadi organisasi besar yang lebih maju dan bukan sekedar organisasi yang identic dengan sinoman terutama di desa desa. Berbagai karya dan inovasi sudah terlihat dan menjadi kebanggaan bagi Jawa Tengah.

Sementara itu Ketua Karang Taruna Jawa Tengah Dede Indra Permana mengatakan, pemuda yang tergabung dalam Karang Taruna bisa menjadi pelopor di segala bidang terutama di bidang kepemimpinan dan pemberdayaan ekonomi.

“Saya ingin melalui Karang Taruna, pemuda bisa menjadi pelopor dalam pemberdayaan ekonomi. Pemuda harus memiliki visi jauh kedepan terutama dalam menghadapi persaingan global yang saat ini terjadi,” ungkapnya.

Dede menambahkan, Gelar budaya dan pameran kuliner yang sukses dilaksanakan kemarin memiliki makna strategis sebagai tonggak kemajuan pemuda Jawa Tengah karena potensi dari berbagai daerah yang muncul dinilai bisa bersaing di tataran nasional bahkan internasional.

“Potensi yang kemarin ditampilkan teman teman daerah memiliki nilai jual yang cukup tinggi seperti ketopra Tegal dan topeng ireng Temanggung serta aneka kerajinan dari Jepara, Wonogiri, Kebumen dan sebagainya,” katanya.

Karang Taruna Jawa Tengah, tambah Dede, saat ini juga sudah memiliki website dan majalah yang diharapkan bisa menjadi wadah komunikasi antar anggota serta bisa sebagai media untuk mengeksplore potensi yang dimiliki pemuda Jawa Tengah. (BJ13)

Tulis Komentar Pertama