Home Nasional Kapolri : 80 ribu Personel Polri Siap Amankan Natal dan Tahun Baru

Kapolri : 80 ribu Personel Polri Siap Amankan Natal dan Tahun Baru

Jakarta 17/12(beritajateng.net) – Sebanyak 80 ribu personel Polri disiapkan untuk mengamankan perayaan Natal 2015 dan Tahun Baru 2016. Operasi Lilin 2015, sandi untuk pengamanan Natal dan tahun baru, juga dibantu 70 ribu personel TNI.

“Kami siapkan pengamanan dibantu TNI,” kata Kapolri Jenderal Badrodin Haiti di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Kamis (17/12/2015).

Mabes Polri memprioritaskan pengamanan di 12 wilayah Polda. Itu berdasarkan tingkat kerawanan.

“Ada 12 Polda yang prioritas di dalam operasi ini. Kenapa 12 Polda ini jadi prioritas? Karena berdasarkan agenda kegiatan pada saat Natal, dan juga pergantian Tahun Baru, aktivitas masyarakat, dan juga tingkat kerawanannya,” pungkas badrodin.

Beberapa Polda yang masuk prioritas atau zona satu antara lain Polda Sumatera Utara, Polda Metro Jaya, Polda Jawa Barat, Polda Jawa Tengah, Polda DIY, Polda Jatim, Polda Bali, NTT, Sulawesi tengah, Sulawesi utara,Maluku, dan Papua.

Daerah-daerah tersebut menurut Kapolri, dianggap rawan terjadi ganguan keamanan seperti radikalisme, intoleransi, dan terorisme. Peningkatan keamanan akan dilakukan di tempat ibadah, terminal, pelabuhan, bandara, stasiun, pusat perbelanjaan, tempat rekreasi atau tempat-tempat yang dimanfaatkan masyarakat untuk merayakan malam pergantian tahun. (Bj50)