Home Lintas Jateng Kapolda Jateng Lantik Kapolresta Surakarta

Kapolda Jateng Lantik Kapolresta Surakarta

Pengambilan sumpah jabatan Kapolresta Surakarta yang baru.

Solo, 4/2 (BeritaJateng.net) – Kapolda Jateng Irjen Pol Nur Ali melantik Kapolresta Surakarta, Kombes Pol Drs. Ahmad Luthfi, SH., SSTMK, Rabu (4/2/2015). Ahmad Luthfi dilantik menggantikan Kapolresta yang lama Kombes Pol Drs. Iriansyah, SH yang menduduki jabatan baru sebagai Karo SDM Polda Sulut.

Dalam sambutannya Kapolda mengatakan, pergantian pejabat / alih tugas dilingkungan Polri / dilingkungan instansi pemerintah adalah merupakan hal yang wajar dan sering terjadi, karena didasari oleh kepentingan organisasi maupun untuk pengembangan karier bagi personel yang bersangkutan.

“Sehingga mutasi merupakan suatu proses pemantapan kepemimpinan, sebagaimana yang terjadi pada serah terima jabatan hari ini,” ujar Nur Ali.

Lebih lanjut Nur Ali mengatakan, bila dilihat dari karakteristiknya, Kota Surakarta merupakan kota dengan tingkat kepadatan penduduk tertinggi di Jawa Tengah yang mencapai 11.370 / jiwa / kmm². Dengan tingkat kepadatan tersebut, menyebabkan tingginya kriminalitas, dimana Kota Surakarta menempati posisi tertinggi ke 2 setelah Kab Semarang, disamping itu Kota Surakarta juga rawan akan konflik keagamaan, terorisme dan bencana banjir.

“Dari kondisi tersebut, pejabat Kapolres yang baru dan seluruh anggotanya harus mampu untuk memahami berbagai faktor – faktor penyebab terjadinya kriminalitas di wilayah ini kemudian mampu mengidentifikasi dengan baik seluruh bentuk kerawanan daerah, dan pro aktif melakukan pencegahan, melakukan inovasi terobosan – terobosan agar tercipta situasi kondusif,” pesan Kapolda.

Kerawanan lainnya menurut Kapolda yang perlu diwaspadai adalah kerawanan politik di Kota Surakarta. Surakarta adalah salah satu barometer politik baik di wilayah Jawa Tengah maupun dalam skala nasional.

“Kota ini kerap kali dipilih sebagai kota indikator untuk memberi gambaran maupun mengetahui kondisi sosial politik masyarakat Indonesia. Disamping itu fanatisme massa terhadap partai yang diikutinya menyebabkan sejumlah aksi atau gerakan sosial politik di wilayah Surakarta dan sekitarnya. Hal inilah yang harus dapat dikelola dengan baik dan melakukan antisipasi agar ketegangan politik tidak mengganggu situasi kamtibmas secara umum Kota Surakarta,” ujarnya lagi.

Pada kesempatan tersebut, Kapolda juga mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi – tingginya kepada Kombes Pol Drs. Iriansyah, SH. atas kerja keras dan dedikasinya selama menjadi Kapolresta Surakarta.

“Saudara sebagai Kapolresta Surakarta telah melaksanakan tugas secara tulus ikhlas serta berhasil dengan baik. Tidak lupa saya ucapkan selamat melaksanakan tugas di tempat yang baru semoga dedikasi dan pengabdian saudara dapat dipertahankan / bahkan lebih ditingkatkan,” pesan Kapolda. (BJ)