Home Nasional Kantor Gubernur Kaltara Dibakar Massa yang Tak Puas Hasil Pleno

Kantor Gubernur Kaltara Dibakar Massa yang Tak Puas Hasil Pleno

706

Bulungan, kaltara, 16/12 (BeritaJateng.net) – Sidang pleno hasil rekapitulasi Pilkada Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) di Gedung Serbaguna, Kompleks Kantor Gubernur di Bulungan, berlangsung ricuh. Tidak hanya itu, massa pendukung pasangan calon Yusuf SK-Martin melempar botol berisi bensin, dan membuat Kantor ruang serba guna terbakar.Mereka juga merusak kantor dan mobil yang diparkir di halaman gedung.

Menurut Kabid Humas Polda Kaltim Kombes Fajar, Sabtu (19/12) situasi sudah dapat dikendalikan. petugas sudah membubarkan ribuan massa yang berkumpul.

“Ada 600 personel yang masih berjaga. Situasi kondusif massa sudah bubar,” tegas Fajar.

Sedang ruang serba guna yang terbakar berhasil dipadamkan dinas pemadam dan dibantu water canon. Peristiwa itu terjadi setelah massa yang siang tadi menolak pleno KPU Pilgub dibubarkan.

Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo membenarkan dan sudah mendapat laporan hal tersebut. Dia mengatakan, Kapolda dan Wakapolda Kaltim masih di lapangan untuk mengendalikan situasi.

“Instruksi saya kepada Pjs Gubernur Kaltara untuk terus koordinasi dengan Kapolda, Danrem dan unsur Forkompimda setempat serta KPU dan Bawaslu harus diusut tuntas karena sudah mencederai demokrasi pilkada,” ujar Tjahjo di jakarta Sabtu (19/12).

Tjahjo menegaskan, jika tidak puas atas hasil pilkada ada saluran dan mekanismenya. “Bukan merusak,” ujarnya.

Tjahjo mengatakan, proses hukum harus berjalan dan ditegakkan. “Siapa penggerak perusak harus ditindak. Tidak boleh main hakim sendiri,” ujarnya.(bj50)