Home Headline Kantin Sekolah Diplot Jadi Sumber PAD

Kantin Sekolah Diplot Jadi Sumber PAD

688
0

SEMARANG, 29/1 (Beritajateng.net) – Mulai tahun 2019 kantin kantin sekolah di SMA dan SMK di Jawa Tengah menjadi salah satu sumber pendapatan asli daerah (PAD) Pemprov Jawa Tengah. PAD dari kantin sekolah ini melengkapi pendapatan yang selama ini sebagian besar bergantung dari sektor pajak kendaraan bermotor.

Anggota Komisi C DPRD Provinsi Jawa Tengah Sri Ruwiyati mengungkapkan, kantin sekolah merupakan salah satu aset milik Pemprov Jateng yang memiliki potensi mendatangkan PAD. Namun demikian pembebanan tersebut diharapkan tidak menjadi penghambat bagi jalannya pendidikan di Jawa Tengah.

“Pemprov Jateng selama ini mengandalkan PAD dari sektor pajak kendaraan bermotor. Saat ini kita menggali potensi potensi pendapatan dari pemanfaatan aset yang kita miliki,” ungkapnya saat memimpin kunjungan kerja Komisi C DPRD jateng di SMA negeri 3 Salatiga, Selasa (29/1).

Politisi PDI Perjuangan ini menambahkan, berdasarkan penjelasan dari Dinas Pendidikan dan Badan Pengelola Pendapatan Daerah (BPPD), jumlah kantin sekolah yang sudah terdata sebanyak 1.743 buah sehingga memiliki potensi menyympang PAD yang cukup signifikan.

“Tiap kantin sekolah dibebani setor PAD sebesar Rp. 100 ribu perbulan dan dihitung 10 bulan selama satu tahunnya sehingga total setoran PAS nya diharapkan terkumpul sekitar 1,7 miliar rupiah,” jelasnya.

Anggota Komisi C Mustholih mengharapkan pembebanan kantin sekolah sebagai sumber PAD ini tidak memiliki konotasi sebagai komersialisasi dunia pendidikan namun sebagai ajang pembelajaran bagi semua pihak terkait khususnya guru dan siswa.

“Ini sebagai ajang pembelajaran soal tertib administrasi dan kejujuran bagi siswa dan guru ditiap sekolah,” katanya

(NK)