Kampung Pelangi Semarang Bakal Dilengkapi Foodcourt, Sentra Handicraft Hingga Spot Gembok Cinta

Pesona Kampung Pelangi Semarang yang Mendunia

Semarang, 19/6 (BeritaJateng.net) – Pemerintah Kota Semarang menyiapkan empat usaha kecil menengah untuk menggarap dan mengembangkan potensi Kampung Pelangi Semarang.

“Kami akan cairkan Kredit Wirausaha Bangkit Jadi Jawara (Wibawa) minimal untuk tiga UKM di Kampung Pelangi,” kata Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi di Semarang, Senin.

Kredit Wibawa merupakan program pinjaman lunak yang diluncurkan Pemkot Semarang untuk membantu sektor UKM, salah satunya dengan bunga yang hanya sebesar tiga persen/tahun.

Hendi, sapaan akrab Hendrar Prihadi menyebutkan tiga sektor UKM itu, yakni usaha “handycraft” (kerajinan tangan), usaha makan minum, serta usaha penjualan “gembok cinta”.

Sama seperti di Bandung, Jawa Barat, Kampung Pelangi Semarang juga memiliki “spot” untuk memasang “gembok cinta” berwarna -warni yang biasanya ditulisi nama pasangan kekasih.

“Sudah kami koordinasikan dengan Dinas Koperasi dan UMKM, serta Dinas Kebudayaan dan Pariwisata. Tiga kelompok UKM di Kampung Pelangi ini harus dibina dengan baik,” katanya.

Diakuinya, masyarakat yang tinggal di Kampung Pelangi semakin lama kian terbiasa dengan kedatangan banyak wisatawan maupun masyarakat yang penasaran dengan warna-warni perkampungan itu.

Jadi, kata orang nomor satu di Kota Semarang, wisatawan yang berkunjung ke Kampung Pelangi akan mendapatkan sambutan yang hangat, apalagi jika tiga UKM itu sudah berkembang.

“Masyarakat di situ sudah saya bilang, manfaatkan peluang. Wisatawan yang datang pasti butuh makan, minum, dan sesuatu seperti `handycraft` agar lebih berkesan dan dikenal,” katanya.

Selain itu, kata dia, pembinaan juga terus dilakukan untuk membentuk Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Unit Wonosari yang akan mengelola pariwisata Kampung Pelangi,” katanya.

Dengan adanya pokdarwis untuk membuat masyarakat sekitar lebih “welcome” dan sadar wisata, Hendi optimistis pariwisata Kampung Pelangi akan semakin terkelola dan berkembang dengan baik.

“Masuk APBD tahun ini, kami akan siapkan penataan dengan membangun lahan parkir dan `foodcourt` (pujasera). Yang jelas, membuat Kampung Pelangi yang cantik semakin cantik,” pungkasnya. (El)

Tulis Komentar Pertama

TINGGALKAN TANGGAPAN