Home Headline Kampanye Terbuka, Wilayah Solo Raya Dapat Perhatian Khusus 

Kampanye Terbuka, Wilayah Solo Raya Dapat Perhatian Khusus 

280
0
Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Condro Kirono usai memimpin gelar pasukan pengamanan kampanye terbuka dan pengamanan tps pemilu 2019 di Simpang lima Kota Semarang

Semarang, 23/3 (BeritaJateng.net) – Sekitar 35 ribu personel gabungan TNI dan POLRI di Jawa Tengah diterjunkan untuk pelaksanaan pengamanan kampanye terbuka pemilu 2019 yang akan dimulai pada 24 maret mendatang.

 “Dari 32 ribu personil, 23 ribu diantaranya merupakan dari kepolisian daerah jawa tengah, ditambah penguatan dari TNI sebanyak 12 ribu pasukan,” ungkap  Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Condro Kirono usai memimpin gelar pasukan pengamanan kampanye terbuka dan pengamanan tps pemilu 2019 di Simpang lima Kota Semarang, Jumat (22/3).

Kapolda juga mengatakan, peserta kampanye dibolehkan memobilisasi massa. mengenai aturan lokasi kampanye, setiap daerah memiliki aturan berbeda-beda. Yang jelas, untuk  area  terbuka seperti lapangan simpang lima semarang tidak diperkenankan untuk kampanye.

“Kalau konsentrasi massa di lapangan terbuka itu menyesuaikan aturan di masing-masing daerah. Jika bupati/wali kota melarang tempat umum di daerah yang berpotensi kerusakan, harus ditaati. Kayak di Simpang Lima kan tidak boleh dipakai, sesuai aturan pak wali kota,” ujarnya.

Untuk Wilayah Solo Raya Condro Kirono, memberikan perhatian khusus pengamanan di wilayah solo raya saat pelaksanaan kampanye terbuka nanti. wilayah solo raya meliputi kota Solo, Klaten, Karangayar, Boyolali,  Wonogiri, Sragen dan Sukoharjo. Selain solo raya wilayah yang mendapat pengaman ekstra meliputi wilayah Kedu dan Banyumas.

“Jawa tengah masuk kategori wilayah yang aman. Namun, dari situasi yang aman tersebut, kami tidak under estimed. Kita melihat dinamika kampanye yang sudah berjalan intensif, dan kegiatan paling banyak di Solo Raya. Jadi, kami tempatkan wilayah Solo Raya sebagai perhatian,” jelas Kapolda. (Nh/El)