Home News Update Kamis Besok Penertiban APK Lanjutan Akan Dilakukan

Kamis Besok Penertiban APK Lanjutan Akan Dilakukan

Penertiban APK
Penertiban APK
Penertiban APK milik  salah satu paslon yang masih terpasang.

Semarang, 9/9 (BeritaJateng.net) – Panitia Pengawas (Panwas) Kota Senarang bersama Kesatuan Bangsa Politik dan Perlindungan Masyarakat, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), Komisi Pemilihan Umum (KPU), dan sejumlah pihak terkait berencana melakukan penertiban lanjutan Alat Peraga Kampanye (APK) paslon.

Banyaknya APK yang masih terpasang terutama baliho-baliho yang berukuran besar menimbulkan anggapan masyarakat bahwa Panwas tak mampu bertindak tegas terhadap pelanggaran APK dan Bahan Kampanye.

“Pada penertiban yang dilakukan pada Jumat (4/9) lalu, kami akui masih banyak APK yang belum berhasil diturunkan karena kendala jumlah personil dan peralatan. Bahkan hanya satu unit mobil tangga milik PJPR yang bisa dipinjam,” ujar Ketua Panwas Kota Semarang M. Amin di Semarang, Rabu.

Rencananya, lanjut Amin, pada 10 September 2015 malam dan 21 September 2015, pihaknya akan menertibkan kembali APK yang masih terpasang.

“Hasil identifikasi kami, setidaknya masih ada 30-an baliho berukuran besar, sementara yang kecil-kecil masih 200-an buah,” katanya.

Menurutnya, Panwas memang tidak memiliki kewenangan untuk melakukan penertiban alat peraga kampanye (AKP), tetapi sebatas mendampingi penertiban bersama dengan pihak-pihak terkait seperti Satpol PP, Kesbanglinmas, PJPR dan KPU.

Menurut dia, panitia pengawas kecamatan (panwascam) dan panitia pengawas lapangan (PPL) juga akan dilibatkan dalam penertiban itu, terutama APK berukuran kecil di wilayah setempat.

“Kami akan mendampingi untuk menertibkan mana-mana APK yang tidak sesuai aturan. Umbul-umbul dan baliho kan tidak diperbolehkan karena akan difasilitasi oleh KPU Kota Semarang,” katanya.

Untuk APK yang diperbolehkan, kata dia, antara lain pin, payung, topi, kaos, kalender, dan stiker berukuran maksimal 10×5 centimeter yang nilainya tidak lebih dari Rp25 ribu/unit.

“Tim gabungan untuk penertiban lanjutan APK ini akan dibagi sesuai zona kampanye yang ditetapkan. Kalau kemarin di wilayah Barat dan Timur, nanti dibagi di wilayah Selatan dan Utara,” katanya.

Dalam penertiban lanjutan APK itu, kata Amin, Dinas Penerangan Jalan dan Pengelolaan Reklame (PJPR) Kota Semarang akan dilibatkan, terutama penggunaan empat mobil tangga hidrolik untuk membantu penertiban. (Bj05)