Home Ekbis Kalau Tak Mau Ribet Saat Liburan, Baiknya Pakai Biro Wisata

Kalau Tak Mau Ribet Saat Liburan, Baiknya Pakai Biro Wisata

Semarang,2/1(beritajateng.net)- Liburan akhir tahun ini bertepatan dengan liburan panjang sekolah. Bagi anak sekolah, liburan adalah moment mereka dapat menikmati rekreasi bersama keluarga.

Perlu perhatian beberapa hal berkaitan dengan libur panjang, adapun persiapan-persiapan liburan yang bisa membuat liburan menjadi berantakan. Banyak masyarakat lebih memilih biro perjalanan atau agen tour dan travel untuk mengurusi aneka kebutuhan berlibur mereka, semuanya sudah disiapkan mulai dari akomodasi, transportasi, penginapan, sampai tour guide menuju tempat wisata.

Menurut Dimas B. Marcom Manager Nusantara Tour dan Travel Semarang, jika liburan panjang banyak didominasi liburan keluarga.

Tujuannya bermacam-macam, menjadi destinasi favorit adalah wisata Batu Night Spectacular (BNS) di Malang, Jawa Timur. Selain itu Jogja juga menjadi pilihan untuk dikunjungi namun lebih pada kebanyakan permintaan hotel karena lebih paham destinasi yang ada di Jogja. Untuk memilih liburan panjang harus dipersiapkan segalanya, minimal sebulan persiapan mulai dari tiket wisata, akomodasi, dan penginapan. Tak menutup kemungkinan juga mereka memilih untuk liburan keluar negeri misal ke Malaysia dan Singapore.

Liburan panjang ini, memang dari segi dipatok harga cukup tinggi, bahkan naik bisa lebih 100 persen. Karena ini berkaitan dengan tiket akomodasi dan harga penginapan Hotel.

Joko Suratno Managing Director Ataya Tours Semarang, mengatakan banyak terjadi pergeseran Dominasi perjalanan wisata oleh segmen keluarga.

“Di sini memang klien terbanyak adalah govermen, sehingga saat liburan panjang mereka libur bersamaan anak sekolah dan akhirnya berlibur satu keluarga, “ujarnya.

Pilihan terbanyak adalah liburan di Lombok, Gili Trawangan dan senggigi. Obyek wisata alami bersenorkling dan diving, Bali  banyak juga yang masih menjadi pilihan. Mereka rata-rata mengambil liburan 3 hari 2 malam.

Ataya membandrol harga berlibur ke Lombok Rp. 2,6 juta, Bali Rp. 2,3 juta perorang, semuanya fasilitas hotel berbintang lima namun itu diluar tiket akomodasi. Harga tersebut juga naik dibandingkan normal yang biasanya Rp. 1,5 juta ke Bali dan Rp,2 juta ke Lombok. (Bj6)

Advertisements