Home Ekbis KAI Semarang Regulerkan Kereta Api Tawang Jaya Premium

KAI Semarang Regulerkan Kereta Api Tawang Jaya Premium

1962
0
KAI Semarang Regulerkan Kereta Api Tawang Jaya Premium

Semarang, 6/4 (BeritaJateng.net) – PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi IV Semarang mulai mengoperasikan Kereta Api (KA) Tawang Jaya Premium menjadi perjalanan reguler mulai 6 April 2018.

“Kami akan meresmikan pengoperasian perjalanan KA Tawang Jaya Premium secara reguler seiring animo masyarakat,” kata Kepala Humas PT KAI Daops IV Semarang Suprapto di Semarang.

Ia mengakui, permintaan masyarakat terhadap layanan transportasi KA, terutama untuk relasi Semarang-Jakarta mengalami pertumbuhan yang cukup besar, yakni tujuh persen pada tahun yang lalu.

Seiring dengan itu, kata dia, pengoperasian KA Tawang Jaya Premium yang sebelumnya bersifat fakultatif, yakni sewaktu-waktu dioperasikan jika dibutuhkan akhirnya dijadikan secara reguler.

“Selama ini, KA Tawang Jaya Reguler kan hanya dioperasikan pada saat-saat tertentu, misalnya saat `long weekend`, dan sebagainya. Namun, mulai 6 April 2018 sudah mulai beroperasi reguler,” katanya.

Ia menjelaskan rangkaian KA relasi Semarang Tawang-Pasar Senen itu menggunakan KA ekonomi premium dengan kapasitas 80 tempat duduk untuk setiap gerbong, dilengkapi berbagai fasilitas.

“Untuk fasilitas yang tersedia, tempat duduk yang lebih nyaman dan luas dan bisa diubah sandarannya (reclinning seat), AC, interior eksklusif, `charger` ponsel, televisi, dan CCTV,” katanya.

Dalam pengoperasiannya, kata dia, KA Tawang Jaya Premium menggunakan stamformasi sembilan gerbong ekonomi premium, satu gerbong kereta makan, dan satu gerbong kereta pembangkit listrik.

“Jadi, kapasitas KA Tawang Jaya Premium yang dioperasikan reguler ini bisa mengangkut sebanyak 720 penumpang/keberangkatan. Tarifnya, berkisar mulai Rp180-220 ribu/penumpang,” katanya.

Dengan kehadiran KA Tawang Jaya Premium yang sudah reguler, kata dia, diharapkan semakin memperlancar mobilitas warga Semarang dan Jakarta dalam menjalankan kegiatan ekonominya.

“Tentunya, juga semakin meningkatkan kunjungan wisatawan ke wilayah Jawa Tengah, terutama ke Tegal, Pekalongan, Semarang, dan Ambarawa. Kunjungan wisatawan akan semakin meningkat,” katanya.

Jadwal keberangkatan KA Tawang Jaya Premium, dari Stasiun Tawang Semarang pukul 20.20 WIB dan tiba di Stasiun Pasar Senen Jakarta pukul 03.05 WIB, sebaliknya dari Jakarta pukul 06.55 WIB tiba di Semarang pukul 13.35 WIB. (El)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here