Home Kesehatan KAI Daop 4 Gelar Rail Clinic Kesehatan Gratis

KAI Daop 4 Gelar Rail Clinic Kesehatan Gratis

88
1
KAI Daop 4 Gelar Rail Clinic Kesehatan Gratis

Semarang, 9/8 (BeritaJateng.net) –  PT. Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi 4 Semarang luncurkan Rail Clinic untuk memberikan pelayanan kesehatan gratis bagi masyarakat di stasiun Mangkang Semarang.

Deputi Executive Vice President PT. KAI Daop 4 Semarang, Tamsil Nurhamedi menjelaskan bahwa Peluncuran Rail Clinic tersebut merupakan bentuk tanggung jawab sosial PT.  KAI daop 4 Semarang terhadap masyarakat sekitar jalur kereta, seperti yang dilaksanakan bersama dinas kesehatan kota Semarang di Stasiun Mangkang Rabu, (9/8).

“Kegiatan ini merupakan bentuk CSR dari PT.  KAI bahwa BUMN hadir untuk negeri, dalam bentuk bakti sosial Rail Clinic. Rail Clinic yaitu penyuluhan kesehatan hingga pengobatan gratis bagi masyarakat yang berada di sekitar jalur kereta PT. KAI daop 4, seperti di stasiun Mangkang ini,” jelasnya.

Lanjutnya,  Rail Clinic ini telah difasilitasi berbagai pemeriksaan kesehatan,  diantaranya pemeriksaan umum,  spesialis mata,  gigi, hingga farmasi obat-obatan secara gratis. Selain itu tak hanya pelayanan pemeriksaan kesehatan gratis saja,  namun PT.  KAI daop 4 Semarang juga memberikan bantuan kepada 50 siswa-siswi dari SD Mangkang Wetan 1, 2 dan 3, SDN Mangunharjo,  MI Al Hidayah,  MI Miftakhul Atfal.

Pemberian kacamata gratis pada siswa-siswi
Pemberian kacamata gratis pada siswa-siswi

Bantuan berupa alat olahraga juga diberikan kepada MTS Uswatun Khasanah,  dan empat almari loker kepada Pondok Pesantren Uswatun Khasanah, hingga tempat pembuangan sampah yang diberikan kepada kelurahan Mangunharjo Semarang.

“Rail Clinic ini nantinya akan ada di Jawa dan Sumatra,  jadi nantinya akan berkeliling ke seluruh stasiun daerah-daerah operasi di Indonesia untuk melayani Kesehatan Gratis dan sesuai dengan jadwalnya. Kebetulan di Daop 4 Semarang setelah hari ini di Stasiun Mangkang,  nanti tanggal 23 Agustus rencananya akan mobile ke stasiun Randu Belatung. Disana akan ada kegiatan serupa pelayanan kesehatan gratis disana,” tambahnya.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan kota Semarang,  Widoyono yang turut hadir dalam peluncuran Rail Clinic di Stasiun Mangkang Semarang menyampaikan bahwa kegiatan CSR Rail Clinic PT.  KAI Daop 4 Semarang membuktikan dan merupakan komitmen terhadap masyarakat disekitar khususnya kota Semarang.

“Mewakili pemerintah Kota Semarang melalui Dinas Kesehatan Kota Semarang, sangat mengapresiasi bentuk CSR dan Bakti Sosial PT.  KAI Daop 4 Semarang.  Bahwa pihaknya membuktikan dan merupakan komitmen PT. KAI sebagai BUMN terhadap masyarakat kota Semarang,” ungkapnya.

Menurutnya,  pihaknya juga baru mengetahui bahwa Rail Clinic ini ada, dan dirinya mengatakan sewaktu-waktu jika dibutuhkan dalam keadaan darurat seperti bencana maupun lainnya, minimal pemerintah kota Semarang dapat mendistribusikan apa saja yang dapat dikerahkan seperti meminta bantuan kesehatan Rail Clinic dari PT. KAI ini agar lebih cepat untuk penaganannya.  (AK/El)

1 COMMENT

  1. Alhamdhulillah dgn sinerginya pt.Kai dan pemerintah kota Semarang , mudah2an masyarakat wilayah semarang akan bisa lebih sehat .
    N

Comments are closed.