Home Life Style Kahiyang Ayu Resmi Lepas Masa Lajang, Jokowi Nikahkan Sendiri Putrinya

Kahiyang Ayu Resmi Lepas Masa Lajang, Jokowi Nikahkan Sendiri Putrinya

112
0
Pemberian mas kawin seperangkat alat sholat dan perhiasan emas seberat 80 gram.
        SOLO, 8/11 (BeritaJateng.net) – Satu tarikan nafas saat membacakan ijab qobul, Muhammad Bobby Afif Nasution  resmi menikah dengan putri Presiden Joko Widodo, Kahiyang Ayu.  Ijab Qabul dilaksanakan di Graha Saba Buana, Banjarsari, Surakarta, Jawa Tengah, Rabu (8/11/2017) sekitar pukul 09.00 WIB.
          Sebelum ijab qabul, Bobby memberikan mas kawin kepada Kahiyang berupa seperangkat alat Sholat dan perhiasan emas seberat 80 gram secara tunai.
         Jokowi menikahkan sendiri putri kandungnya Kahiyang Ayu dengan saksi yang dihadirkan yakni Wakil Presiden Yusuf Kalla dan Darmin Nasutio disaksikan dan dicatat oleh Kepala KUA Banjarsari Solo, Basir.
          Sebelumnya kedua mempelai diberikan khutbah nikah yang disampaikan oleh Ketua Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Said Aqil Siradj yang isinya bagaimana keluarga yang sakinah, mawardah dan warohmah.
           Hingga puncak acara saat  Jokowi menikahkan putrinya Kahiyang Ayu. Sambil menjabat tangan Bobby Nasution Jokowi menyampaikan ” Saya  nikahkan dan jodohkan putri saya dengan engkau Bobby Afif Nasution bin Insinyur Erwin Nasution almarhum dengan mas kawin seperangkat alat salat dan cincin 80 gram dibayar tunai,” ucap Jokowi saat dengan lantang dan tegas.
            Bobby segera menjawab dengan Kalimat ” Saya terima nikahnya Kahiyang Ayu binti Joko Widodo dengan mas kawin seperangkat alat salat dan cincin 80 gram dibayar tunai, tunai!”  ucap Bobby Nasution dalam  satu tarikan napas.
           Usai pelaksanaan ijab qobul dilanjutkan prosesi selanjutnya yakni panggih temanten. Dalam acara tersebut Jokowi melakukan ritual bukak kawah. Artinya ini adalah mantu pertama bagi Jokowi dengan meminum air kelapa dan wedang tape.
             Ritual lainnya yang juga dilakukan adalah tantingan, kacar-kucur, dulangan (pengantin saling suap) dan ditutup dengan acara sungkeman kepada orang tua masing-masing pengantin. (Db/El)