Home Ekbis Kadin Ajak Pemerintah-Swasta Tingkatkan Produksi Perikanan

Kadin Ajak Pemerintah-Swasta Tingkatkan Produksi Perikanan

ilustrasi
ilustrasi
ilustrasi

Jakarta, 13/2 (BeritaJateng.net) – Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Bidang Kelautan dan Perikanan berupaya mengajak pemerintah dan swasta meningkatkan produksi perikanan yang potensinya mencapai Rp380 triliun per tahun.

Dari siaran pers yang diterima Antara, Jumat, menyebutkan hingga tahun 2012 statistik Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), nilai perolehan perikanan tangkap mencapai Rp72 triliun dan budidaya baru mencapai Rp28,77 triliun. Nilai tersebut dinilai masih jauh seperti yang diharapkan.

Wakil Ketua Umum Kadin Bidang Kelautan dan Perikanan, Yugi Prayanto mengaku bahwa pihaknya tengah mendorong Kementerian Koperasi, Kementerian Kelautan dan Perikanan, Kementerian Desa, Kementerian Perindustrian, Kementerian Perdaganan, Kementerian keuangan, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan para pelaku usaha perikanan agar bersama-sama merevitalisasi sektor perikanan dari hulu sampai hilir, mulai dari nelayan, petambak dengan wadah koperasinya sampai pelaku usaha pengolahan perikanan dan pelaku usaha pemasaran perikanan.

Di sisi lain, produksi perikanan nasional pada 2013 mencapai 19,55 juta ton, naik sebesar 26 persen dari perolehan pada 2012 yang tercatat 15,5 juta ton.
www.richereducation.co.uk/wp-content/languages/new/do-my-math-homework.html

“Ini memberikan harapan kepada nelayan dan petambak untuk meningkatkan pendapatan mereka sampai 200 persen atau lebih,” kata Yugi.
www.richereducation.co.uk/wp-content/languages/new/cheap-custom-research-papers.html

Yugi mengatakan potensi perikanan yang begitu besar masih belum digarap secara optimal. Kadin Kelautan dan Perikanan ingin agar pemerintah mengatasi masalah ilegal fishing dan meningkatkan program budidaya perikanan agar produksi perikanan dalam lima tahun ke depan bisa meningkat menjadi tiga kali lipat dari sekarang.

Beberapa hal yang pihaknya targetkan yakni stok pangan nasional untuk komoditas perikanan akan bertambah besar yang akan meningkatkan ketahanan pangan.
www.richereducation.co.uk/wp-content/languages/new/essay-writing-service-reviews.html

Kedua, kesejahteraan nelayan dan petambak di kampung Nelayan dan petambak di pesisir akan meningkat.

Ketiga, industri pengolahan dan pemasaran perikanan akan tumbuh pesat karena ketersediaan bahan baku yang banyak, dan keempat adalah pemenuhan gizi rakyat Indonesia akan protein yang berasal dari ikan dapat meningkat lebih dari 100 persen. (ant/BJ)