Home Hukum dan Kriminal Kades Diingatkan Transparan Kelola Dana Desa

Kades Diingatkan Transparan Kelola Dana Desa

369
0
Kapolsek Doro AKP Suharyoso (kiri) mengingatkan para perangkat dan kepala desa untuk transparan dalam penggunaan dana desa di wilayahnya kemarin.
       KAJEN, 12/8 (BeritaJateng.net) – Para kepala desa di Kota Santri diingatkan agar mampu mengelola dana desa secara transparan dan akuntabel. Sebab dana desa harus  sampai ke rakyat dan dirasakan manfaatnya. Demikian disampaikan Kapolres Pekalongan AKBP Wawan Kurniawan melalui Waka Polres Pekalongan Kompol Joko Watoro.
        Ia mengatakan peran dana desa ini sangat strategis untuk pembangunan desa. Bahkan setiap tahun alokasi dana desa di APBN terus meningkat. “Peran yang makin sentral daerah itu ya ujungnya desa,” ujarnya.
        Dia mengingatkan jika mekanisme penggunaan dana desa dan laporan pertanggungjawabannya harus jelas. Sebagai penegak hukum yakni kepolisian, pihaknya memastikan akan terus menjalin komunikasi dengan berbagai pihak demi memaksimalkan pemanfaatan dana desa.
       “Kami terus membangun sinergi dengan para pemangku kepentingan ini, bagaimana komunikasi dengan baik. Dan terkait laporan ya dibuat laporan dengan baik sesuai aturan,” tuturnya.
        Dia menegaskan, Polres Pekalongan komitmen menyukseskan program dana desa yang jadi andalan pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi). “Kami berkomitmen akan terus mengawal dengan baik program pemerintah.  Hal ini sejalan dengan cita-cita Nawacita Presiden RI tentang membangun dari pinggiran, yaitu pembangunan dari desa. Untuk itu dana desa harus dikelola secara benar,” katanya.
        Terpisah Kapolsek Doro AKP Suharyoso mengatakan, agar dalam penggunaan dana desa tetap transparan. Hal tersebut penting dilakukan untuk menghindari dan mencegah terjadinya kejadian tidak diinginkan seperti penyelewengan.
       “Dengan transparasi penggunaan dana desa dapat membantu pemerintahan desa dalam pengajuan anggaran ke depan sehingga diharapkan kebutuhan pembangunan dapat terpenuhi sesuai kebutuhan,” tandasnya. (ST/EL)