Home Ekbis Kabupaten Pati Tingkatkan Ekpor Produk Unggulan

Kabupaten Pati Tingkatkan Ekpor Produk Unggulan

foto/ist

Pati, 11/12 (Beritajateng.net) – Pemerintah Kabupaten Pati, berupaya meningkatkan ekspor berbagai komoditas unggulan di daerah setempat karena pangsa pasarnya masih terbuka lebar.

“Apalagi, pada tahun mendatang akan menghadapi integrasi pasar tunggal ASEAN atau Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) pada tahun 2015,” kata Bupati Pati Haryanto saat membuka Pameran Gelar Potensi Produk Unggulan Daerah Kabupaten Pati Tahun 2014 di Gedung Olah Raga (GOR) Pesantenan Puri Pati, Kamis.

Dengan diberlakukannya MEA nantinya, kata dia, persaingan usaha dipastikan semakin ketat. Selain berupaya meningkatkan nilai ekspor, lanjut dia, kualitas komoditas yang berorientasi ekspor juga perlu dipertahankan. Beberapa produk unggulan yang berorientasi ekspor, yakni mebel, udang beku, kuningan, kacang kulit, dan batik.

Adapun negara tujuan ekspor, di antaranya Jepang, Belanda, Swedia, Thailand, Timur Tengah, Hong Kong, Singapura, dan Malaysia. Pada tahun 2013, kata dia, volume ekspor berbagai komoditas di Pati mencapai 3.104.492,97 kilogram dan 10.843,7 meter kubik dengan nilai ekspor 14,41 juta dolar AS dan 178.749,20 euro.

Sementara itu, pada tahun 2014, volume ekspornya mencapai 1.175.903,46 kilogram dan 1.387,47 meter kubik dengan nilai 7,45 juta dolar AS dan 1,1 juta euro. Untuk mendongkrak prestasi eksportir daerah, kata dia, setiap tahun Disperindag Propinsi Jateng mengadakan penilaian eksportir tangguh.

“Pada tahun ini Pati mengirimkan perusahaan ekspor udang beku PT Misaja Mitra dari Margoyoso dan menjadi juara II,” ujarnya.

Pada tahun 2012, kata dia, mengirimkan perusahaan ekspor kacang kulit PT Guna Nusa Era Mandiri Mustokoharjo Pati dan mendapat juara favorit sebagai eksportir tangguh.

Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Pati Riyoso menambahkan bahwa pameran diikuti oleh produk unggulan dari setiap kecamatan serta pengrajin binaan Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Pati.

Jumlah gerai yang disediakan sebanyak 60 gerai yang menampilkan produk unggulan dari kelompok logam, makanan, pengrajin kayu, otomotif, konveksi, dan batik.

Pameran tersebut berlangsung selama empat hari, mulai Kamis (11/12) hingga Minggu (14/12), di GOR Pesantenan Puri Pati.”Kami berharap kegiatan ini dapat menggugah kecintaan warga Pati terhadap produk asli Pati,” ujarnya.(ant/ss)