Home Headline Kabel Sutet di Gunungpati Semarang Meledak, Dua Warga Alami Luka Bakar

Kabel Sutet di Gunungpati Semarang Meledak, Dua Warga Alami Luka Bakar

359
Kabel Sutet di Gunungpati Semarang Meledak, Dua Warga Alami Luka Bakar

Semarang, 6/8 (BeritaJateng.net) – Ledakan disertai percikan api terjadi pada kabel listrik bertegangan tinggi jaringan Sutet yang membentang di atas lahan milik warga di Kampung Malon, Gunungpati, Kota Semarang, Minggu (4/8).

Dalam peristiwa tersebut, dua orang mengalami luka bakar, Kampung Malon masing masing bernama Musaid (40) dan Usep (35). Satu orang korban yakni musaid harus menjalani perawatan di rumah sakit karena mengalami luka serius.

Menurut Ketua Rt 01 Rw 06 Malon, Gunungpati Semarang, Supratio, menjelaskan kejadian pada minggu (4/8) siang, disaat warga usai bekerja bakti mempersiapkan HUT Republik Indonesia ke 74, tiba- tiba terjadi ledakan disertai api yang membakar pohon dan kabel jaringan internet.

“Warga panik dan berpikir memadamkan api, khawatir merembet ke rumah,” jelasnya, Selasa (6/8).

Selisih 30 menit terjadi ledakan kedua, seorang warga bernama Musaid mengalami luka bakar dan tubuhnya sempat terpental. Korban yang sempat tidak sadarkan diri ditolong warga. Saat proses evakuasi Musaid, ledakan kembali terjadi. Suaranya tidak kalah kencang. Kali ini Usep, seorang warga, yang menjadi korban. Kakinya mengalami luka bakar, tapi tidak separah Musaid.

Kabel Sutet di Gunungpati Semarang Meledak, Dua Warga Alami Luka Bakar

“Korban yang kedua terkena ledakan disaat akan mengevakuasi musaid ke arah mobil pick up untuk dilarikan ke puskesmas, beruntung lukanya tidak separah korban pertama,” ujar Supratio.

Saat ini Musaid, masih terbaring di rumah sakit untuk menjalani perawatan akibat luka bakar.

“Pak Musaid masih di rawat di Rumah Sakit Elisabeth Semarang, mengalami luka bakar di kaki, tangan sama anggota badan, sementara untuk usep sudah kembali bekerja,” imbuhnya.

Supratio mengaku tidak mengetahui secara pasti penyebab kejadian tersebut. Pada kejadian ini ada lima ledakan pada kabel sutet yang melintang di dusun mereka ledakan tersebut terjadi selang waktu antara 10 hingga 30 menit.

Ledakan dan putusnya sejumlah kabel SUTET di desa Malon Gunungpati ini diduga menjadi penyebab padamnya lisrik di sejumlah wilayah termasuk Jakarta Bogor Depok Tangerang Bekasi (Jabodetabek) pada Minggu (4/8).

Saat ini di lokasi ledakan masih dipasangi garis polisi untuk kepentingan penyelidikan. Sementara sejumlah pohon telah ditebang oleh pln. Menurut petugas pln, jaringan sutet yang berada di lokasi kejadian itu merupakan jalur transmisi 500 kilo volt interkoneksi jawa bali. (Nh/El)