Home Lintas Jateng Juliari: Pentingnya Pendidikan Karakter Di Perguruan Tinggi

Juliari: Pentingnya Pendidikan Karakter Di Perguruan Tinggi

403
0
Anggota DPR RI Juliari P. Batubara mengisi seminar nasional di Perguruan tinggi Semarang.

Semarang, 5/11 (BeritaJateng.net) – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI Juliari P Batubara menilai pendidikan karakter terhadap mahasiswa di perguruan tinggi harus diperkuat. “Pendidikan moral, pendidikan karakter sangat penting. Saya kira jam belajar pendidikan karakter perlu ditambah,” kata politikus PDI Perjuangan tersebut di Semarang, Minggu.

Hal tersebut diungkapkannya legislator Komisi VI DPR RI itu saat menjadi pembicara pada “Unnes Legislatif Training” yang berlangsung di Universitas Negeri Semarang (Unnes).

Di hadapan peserta yang seluruhnya kalangan senat mahasiswa, Ari, sapaan akrab Juliari menegaskan pintar secara akademis saja tidak cukup jika tidak ditunjang karakter yang baik.

“Pinter secara akademis saja tidak cukup, pinter tetapi karakternya rusak. Makanya itu pendidikan karakter, termasuk di kalangan perguruan tinggi sangat penting,” katanya.

Melalui kegiatan tersebut, Wakil Bendahara Umum DPP PDI Perjuangan tersebut mengatakan perlunya generasi muda, khususnya mahasiswa memahami proses legislasi.

“Saya kira perlu generasi muda untuk mengetahui bagaimana produk undang-undang yang berlaku diproses. Mulai dini, perlu diperkenalkan proses tersebut,” kata Ari.

Apalagi, kata dia, dengan keberadaan mereka sebagai anggota senat mahasiswa yang akan semakin memperkaya bekal pengetahuan dan kecakapan dalam berpolitik.

“Mereka ini kan para anggota senat (mahasiswa, red.). Jadi, seperti ‘training’, suatu saat mereka bisa masuk ke dunia politik. Saya rasa kegiatan seperti ini bagus,” katanya.

Sebagai wakil rakyat, Ari mengaku siap memberikan bekal pengalaman, pengetahuan, dan penjelasan kepada masyarakat mengenai proses legislasi yang ada di pemerintahan.

“Apabila diperlukan, tentunya saya sebagai bagian dari masyarakat, sebagai anggota DPR RI siap memberikan penjelasan kepada masyarakat, terutama temen-teman mahasiswa,” katanya.

Sementara itu, Ketua Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM) Keluarga Mahasiswa Unnes Elvan Ardi mengatakan pengetahuan tentang legislatif bagi mahasiswa sangat penting.

Dijelaskannya, mahasiswa merupakan salah satu elemen masyarakat, khususnya sebagai generasi muda yang akan meneruskan bangsa Indonesia ke depan.

“Kami termotivasi dari Pak Juliari bagaimana berproses di dewan. Kami juga belajar tentang ruang lingkup perundang-undangan darinya,” katanya.

Ada puluhan mahasiswa yang menghadiri kegiatan tersebut, yakni dari Unnes, perwakilan Universitas Diponegoro Semarang (Undip) dan Universitas Muhammadiyah Semarang (Unimus). (El)