Home Headline Juliari: Generasi Muda Harus Berani Berwirausaha

Juliari: Generasi Muda Harus Berani Berwirausaha

287

SEMARANG, 4/3 (BeritaJateng.net) – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) Juliari Pieter Batubara mengajak muda mudi untuk berani berwirausaha.

Hal ini disampaikan Anggota Komisi VI DPR RI Juliari P Batubara saat menggelar kunjungan kerja dan serap aspirasi di Kelurahan Purwosari, Kecamatan Semarang Utara, Minggu.

“Jumlah lapangan pekerjaan di Indonesia tidak seimbang dengan jumlah para pencari kerja. Harus berani berwirausaha,” kata Juliari.

Pernyataan tersebut menanggapi keluhan warga yang kesulitan dalam mencari lapangan pekerjaan yang layak, sehingga banyak warga yang menanggur setelah lulus sekolah.

Menurut Ari sapaan akrab Juliari, dengan perkembangan zaman saat ini, lulusan SMA/SMK dalam mencari pekerjaan bukan menjadi hal yang mudah. Oleh karena itu, generasi muda harus memiliki skill yang bagus.

“Skill merupakan modal utama untuk mencari pekerjaan. Nah pilihan lain apa ketika sulit mencari pekerjaan? Berani berwirausaha,” ungkapnya.

Namun demikian, lanjut Ari, tidak semua pemuda berani mengambil opsi berwirausaha. Hal ini mengingat persaingan usaha yang saat ini juga sangat ketat.

“Untuk berwirausaha memang harus memiliki tekad dan keinginan yang kuat. Khususnya dalam hal menghadapi persaingan usaha yang saat ini sangat ketat,” katanya.

Ari mengungkapkan, peran serta pemerintah dalam hal memberikan lapangan pekerjaan maupun pelatihan usaha bagi anak muda juga sangat diperlukan. Oleh karenanya, pihaknya akan terus mendorong pemerintah untuk memperbanyak pelatihan kerja bagi anak-anak muda.

“Inilah yang dibutuhkan peran pemerintah. Kami akan mendorong pemerintah daerah untuk memperbanyak pelatihan kerja bagi generasi muda di Kota Semarang,” kata politisi PDI Perjuangan ini.

Sementara itu, Anggota DPRD Kota Semarang, Rukiyanto yang hadir di acara itu mengatakan, pihaknya juga akan mendorong pemerintah untuk lebih sering menggelar pelatihan kerja dan pelatihan usaha yang diikuti angkatan kerja khusus dari Kota Semarang.

“Selama ini, pelatihan-pelatihan seperti itu kerap dilaksanakan Disnaker Kota. Namun peminatnya kebanyakan malah dari luar daerah,” ungkapnya.

Menurutnya, peran serta pemerintah dalam hal penyedia lapangan pekerjaan, maupun pelatihan kewirausahaan untuk masyarakat sangatlah penting.

“Peran pemerintah memang sangat penting. Selain pelatihan kerja kami juga mendorong eksekutif untuk kemudahan investasi di Kota Semarang. Tujuannya agar lapangan kerja semakin meningkat dengan masuknya investasi di kota ini,” tegasnya.

Anggota Komisi D DRPD Kota Semarang ini juga mendorong anak muda untuk berani berwirausaha.

“Usaha bisa apa saja, apalagi saat ini teknologi sudah berkembang pesat. Bahkan, dengan bermodal ponsel dan kreativitas, anak muda dapat memulai usaha di dunia sosial media,” imbuhnya. (El)