Juliari Dukung Pemberdayaan Perempuan Lewat Wirausaha

Juliari Dukung Pemberdayaan Perempuan Lewat Wirausaha
     Semarang, 12/8 (BeritaJateng.net) – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI Juliari P Batubara mendorong kian banyak kaum perempuan yang berwirausaha sehingga memberikan kontribusi lebih besar terhadap perekonomian.
     “Secara prinsip, saya ingin melihat ke depannya banyak perempuan yang bergerak di ekonomi sehingga memberikan kontribusi lebih bagi perekonomian,” kata Ari, sapaan akrab Juliari di Semarang, Jumat.
     Hal tersebut diungkapkan politikus PDI Perjuangan itu di sela kegiatan reses dan kunjungan kerjanya yang berlangsung di Kantor Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin) Wilayah Jawa Tengah, Semarang.
     Bahkan, kata dia, wirausaha bisa ditekuni perempuan yang sudah berkeluarga dan memiliki anak karena justru bisa membantu menopang perekonomian keluarganya yang selama ini hanya ditanggung suami.
     “Sudah enggak zamannya lagi suami nglarang-nglarang istrinya. Kalau nglarang yang aneh-aneh, seperti kumpul-kumpul enggak jelas, wajar. Tetapi, kalau melarang istrinya menekuni usaha, itu kuno,” katanya.
     Semakin lama, kata dia, kebutuhan masyarakat pastinya bertambah, apalagi seiring dengan pertumbuhan anak-anaknya menjadi dewasa, seperti membiayai sekolah, membiayai kuliah, dan sebagainya.
     “Dengan berwirausaha, pemikirannya pasti akan lebih maju, wawasannya bisa semakin luas,” kata anggota Komisi VI DPR RI yang membidangi membidangi industri, perdagangan, dan koperasi itu.
     Tentunya, kata dia, kaum perempuan juga harus aktif mengikuti berbagai pelatihan wirausaha sebagai bekal dan harus pintar-pintar memanfaatkan peluang yang ada untuk mengembangkan usahanya.
     “Manfaatkan teknologi untuk usaha karena sekarang zamannya sudah berbeda, sudah serba ‘online’. Kalau bikin jaringan ‘online’ sendiri kan mahal. Manfaatkan situs yang sudah ada,” katanya.
     Meski demikian, Ketua Panitia Kerja Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) DPR RI itu mengingatkan perempuan yang sudah menekuni usaha untuk tidak meninggalkan kewajibannya terhadap keluarga.
     Bagaimanapun, kata Ari, peran ibu dalam mendidik anak-anaknya sangat penting karena kedekatan emosional antara anak dan ibu yang biasanya lebih besar, ketimbang kedekatan ayah dengan anaknya.
     “Bukan hanya cari uang, tetapi juga untuk kemajuan masa depan anak-anaknya. Kalau sudah berwirausaha, jangan mundur lagi. Sekali maju, maju terus, jangan mundur,” kata Wakil Bendahara Umum DPP PDI Perjuangan itu.
     Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kota Semarang Litani Saktyawati mengatakan selama ini terus mendorong kaum perempuan untuk berwirausaha dengan memanfaatkan akses permodalan yang ada.
     “Kami punya namanya Kredit Wibawa dengan bunga sangat ringan, yakni tiga persen/tahun. Tidak perlu agunan. Syaratnya, terdaftar ditandai dengan izin usaha mikro kecil (IUMK),” pungkas Litani. (El)

Tulis Komentar Pertama