Home Hukum dan Kriminal Jual Sabu-Sabu, Catur Didakwa Pasal Berlapis

Jual Sabu-Sabu, Catur Didakwa Pasal Berlapis

Ilustrasi
Ilustrasi

Purbalingga, 23/6 (BeritaJateng.net) – Catur Hanifudin (24) warga Desa/Kecamatan Petanahan, Kabupaten Kebumen harus duduk di kursi pesakitan Pengadilan Negeri (PN) Purbalingga, Selasa (23/6). Catur menjadi terdakwa setelah menjual sabu-sabu kepada  Galih Setianto warga Purbalingga.

Dalam sidang itu, Catur didakwa oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU) Atika Santoso dengan tiga pasal yaitu Pasal 114 ayat 1 UU No 35 tahun 2009 tentang psikotropika tentang menjual obat terlarang itu, atau pasal 112 ayat 1 UU No 35 tahun 2009 tentang menyimpan psikotoprika atau pasal 127 ayat 1 huruf a UU No 23 tahun 2009 tentang menggunakan sendiri obat psikotropika.

Humas PN Purbalingga, Arief Yudhiarto menjelaskan, terdakwa ditangkap oleh polisi berawal dari penangkapan terdakwa Galih Setianto di sebuah warnet di Desa Babakan, Kecamatan Kalimanah pada 25 Maret lalu. Polisi mendapatkan 0,3 gram sabu-sabu dari Galih.

“Galih sendiri sudah mulai disidang minggu lalu dengan berkas terpisah,” katanya.

Dari pengembangan kasus itu, polisi akhirnya menangkap terdakwa Catur, pada 30 Maret lalu. Dari tangan Catur, polisi tidak menemukan barang bukti sabu-sabu, namun polisi menemukan barang bukti ponsel yang digunakan untuk berkomunikasi dengan pembeli saat bertransaksi sabu-sabu.

Sidang dipimpin oleh Nenden Rika Puspitasari dengan hakim anggota Guntur Pambudi Wijaya dan Ageng Priambodo Pamungkas serta Panitera Pengganti (PP) Yulian Herawati. Sidang dilanjutkan Selasa (30/6) depan dengan agenda meminta keterangan para saksi.  (BJ33)