Home Nasional Jokowi : Sepakbola Harusnya Mempersatukan Bukan Memecahbelah

Jokowi : Sepakbola Harusnya Mempersatukan Bukan Memecahbelah

675

jokowi

Semarang, 19/10 (BeritaJateng.net) – Laga final piala presiden antara Persib Bandung dan Sriwijaya FC telah tuntas. Persib menjadi juara dan berhak membawa pulang hadiah dan trofi piala presiden 2015. Namun dari perhelatan besar ini ada spirit atau pesan yang disampaikan Presiden Jokowi.

“Kita ingin agar sepakbola ini mempersatukan,” ujar Jokowi usai menonton pertandingan di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Minggu (18/10).

Ya, semangat persatuan merupakan nilai utama yang harus dipetik. Di masa yang akan datang, mungkin menjadi cita-cita bersama di mana sepak bola justru menjadi hiburan yang menggembirakan. Semua suporter bisa menerima menang dan kalah, tak perlu rusuh.

Dalam setiap pertandingan olahraga menang dan kalah adalah biasa. Tak perlu ngamuk dan melakukan kekerasan. Bukankah semangat dari olahraga adalah sprotivitas? Semangat ini juga harus menular ke semua suporter, tak hanya pemain di lapangan.

Sudah tidak musim lagi tawuran atau suporter bergaya sok jagoan. Kini saatnya bangsa bersatu untuk sepak bola Indonesia yang maju. Mau suporter Persib atau Persija atau yang lainnya toh semua sama, warga Indonesia.

“Sepakbola harusnya mempersatukan bukan justru malah jadikan kita tidak satu. Ini yang harus digarisbawahi,” ungkap Jokowi.

Pesan Jokowi jelas, jangan ada lagi sekat. Jadikanlah sepak bola alat persatuan, bukan malah membeda-bedakan dan mengkotak-kotakan, antara Bandung dan Jakarta atau dengan daerah lainnya. (Bj/dtk)

 

Advertisements