Home Nasional Jokowi Resmikan Bendungan Rotiklot di NTT

Jokowi Resmikan Bendungan Rotiklot di NTT

331
0

Belu, NTT, 28/12 (BeritaJateng.net) – Presiden Jokowi Widodo (Jokowi) bersama Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT) Frans Lebu Raya meresmikan Bendungan Rotiklot di Kabupaten Belu, Kupang, NTT.

Jokowi didampingi Ibu Negara Iriana. selain itu Jokowi juga ditemani Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Kapolri Badrodin Haiti, beserta pejabat terkait lainnya.

Bendungan dengan luas 86 hektar ini diklaim bisa mengairi 139 hektar sawah dan 500 hektar tanaman Palawija.

Peresmian bendungan ini sebagai salah satu cara pemerintah serius menangani masalah ketersediaan air di NTT.

“Jadi masalah ketersediaan air harus diselesaikan dengan benar dan serius. Bendungan ini nanti akan bisa mengariri irigasi kurang lebih 139 hektar plus untuk palawija 500 hektar. Ini luasan yang sangat besar,” ujar Jokowi di lokasi, Senin (28/12).

Selain untuk mengairi sawah dan tanaman palawija, bendungan ini bisa dimanfaatkan untuk air minum dan menghasilkan pasokan listrik.

“Inilah yang harus dimanfaatkan dan digunakan dan bisa dipakai untuk air minum dan bisa hasilkan listrik. Karena di NTT juga sama, listriknya sangat kurang. Di NTT nomor 2 dari bawah kecukupannya. Jadi sangat jauh dari cukup dibandingkan provinsi lain,” jelas Jokowi.

Melalui pembangunan bendungan ini, Jokowi ingin NTT bisa mengejar ketertinggalan dari provinsi lainnya. Untuk itu, pemerintah berencana meresmikan hingga 7 bendungan. Ini juga sebagai salah satu cara pemerintah mencapai kedaulatan pangan di Indonesia. (bj50)