Home Ekbis Jokowi: Petani Harus Mampu Berswasembada Produk Pertanian

Jokowi: Petani Harus Mampu Berswasembada Produk Pertanian

Presiden Jokowi saat kunjungan di Sukoharjo

Presiden Jokowi saat kunjungan di Sukoharjo

Sukoharjo, 31/1 (BeritaJateng.net) – Indonesia adalah negara agraris yang sangat kaya, sawahnya sangat luas namun kenapa masih import beras dari negara lain. Sampai-sampai Presiden Vietnam Truong Tan Sang dalam pertemuan ASEAN Summit bertanya kapan beli beras lagi dari Vietnam.

Tak mau kejadian sama terulang maka Presiden Jokowi akan terus menggenjot pertanian di wilayah Indonesia khususnya tanaman padi. 

“Saya malu waktu ketemu Presiden Vietnam di ASEAN Summit ditanyakan, Presiden Jokowi kapan beli beras lagi dari Vietnam,” ungkap Jokowi  saat berkunjung ke Desa Sonorejo, Kecamatan Sukoharjo Kota, Sukoharjo, Jawa Tengah, Sabtu (31/1/2015).

Sebab itulah tegas Jokowi setidaknya dalam tiga tahun Indonesia harus bisa mewujudkan swasembada pangan, termasuk beras. Karena  Indonesia memiliki kemampuan untuk swasembada pangan. Karena itulah Jokowi membagikan traktor agar produktifitas bisa meningkat.

“Karena itu kita setiap Sabtu-Minggu  akan membagi-bagikan traktor kepada para petani. Agar hasilnya meningkat, kita ekspor beras, jangan impor-impor terus, ” lanjutnya.

Dengan adanya pembagian traktor diharapkan hasil panen bisa maksimal Indonesia  bisa swasembada pangan. 

Bukan hanya untuk  pertanian padi saja namun jenis lainnya juga harus bisa ditingkatkan agar tidak selalu tergantung import misalkan kedelai,  jagung dan sebagainya juga mampu berswasembada.

“Kita tidak ingin produk-produk pertanian itu import dari negara lain.  Ya beras, kedelai, jagung apa saja prodak pertaniannya harus dari dalam negeri,” pungkas Jokowi. (BJ24)