Home Nasional Jokowi Minta, Penyidik KPK Tidak Ditahan 

Jokowi Minta, Penyidik KPK Tidak Ditahan 

335

jokowi

Solo, 1/5 (BeritaJateng.net) – Insiden penahanan penyidik KPK Novel Baswedan yang telah menjalani pemeriksaan oleh Bareskrim Polri membuat Jokowi yang saat ini sedang mudik di kampung halamannya di Solo Jawa Tengah meminta pada Kapolri untuk tidak melakukan penahanan terhadap Novel Baswedan. 

Kepada wartawan usai menjalankan sholat Jumat di Masjid Kotta Barat, Jokowi mengaku sudah memerintahkan pada Kaporlri agar jangan membuat suasana menjadi panas kembali dengan melakukan penahanan pada penyidik KPK.

“Saya sudah minta pada Kapolri 
agar tidak melakukan penahanan terhadap Novel Baswedan, agar tidak menimbulkan konflik lagi. Saya tidak harapkan kedua lembaga penegakan hukum akan  berkonflik lagi,” jelasnya Jumat (1/5/2015).

Presiden Jokowi berharap agar  Bareskrim Mabes Polri tidak melakukan penahanan terhadap Novel karena dikhawatirkan akan kembali timbul konflik berkepanjangan.  Jangan sampai membuat semua lembaga penegak hukum tidak berjalan seiring dalam kasus pemberantas korupsi.

Jokowi mempersilakan jika pihak Kepolisian akan mengusut kasusnya hingga tuntas namun yang perlu diperhatikan bahwa proses hukum yang sedang berjalan harus adil dan juga transparan.

“Semua penegak hukum baik itu Polri, Kejagung, dan KPK harus bersatu padu dalam melakukan pemberantasan korupsi,” harap Jokowi. (BJ24)