Home Ekbis Jokowi : Indonesia Bangun Kepercayaan Bagi Investor

Jokowi : Indonesia Bangun Kepercayaan Bagi Investor

329
image
Ilustrasi

Jakarta, 2/1 (Beritajateng.net) – Presiden Joko Widodo mengatakan bahwa Indonesia sedang membangun kepercayaan kepada investor dengan memudahkan izin berinvestasi di dalam negeri.

“Pembangkit listrik jangan sampai izinnya 6-5 tahun. Akan saya teliti, kalau diberi target tidak bisa, akan ada konsekuensi yang harus dibayar. Kita sedang membangun kepercayaan,” ujar Presiden saat meyampaikan pidato pembukaan indeks harga saham gabungan (IHSG) di gedung Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Jumat.

Ia menambahkan bahwa pemerintah juga akan memberikan suntikan dana kepada BUMN agar bisa mempercepat pembangunan infrastruktur sehingga nantinya diharapkan ada koneksi antar propinsi, pulau dengan lainnya menjadi lebih baik.

“Anggaran fiskal lebih banyak sehingga bisa fokus konektivitas, akan memberikan dorongan pertumbuhan ekonomi. Nanti akan kami sampaikan di APBNP,” kata Presiden.

Presiden memaparkan bahwa saat ini ruang fiskal Indonesia bertambah sekitar Rp240 triliun setelah dipangkasnya subsidi bahan bakar minyak (BBM), dana itu bisa digunakan untuk pembangunan infrastruktur, waduk irigasi, jalan tol dan jalur kereta api di luar jawa, pelabuhan, serta bandar udara.

“Kalau bisa dikerjakan dengan ruang fiskal dan dikerjakan di awal tahun sehingga akan memberikan ‘trigger’ pertumbuhan ekonomi yang lebih baik. Jangan ada suara-suara yang sulit, tunjukkan kepada saya akan kami selesaikan, karena kita ingin benar-benar melayani,” tegas Presiden.

Ke depan, Presiden mengingatkan bahwa masih ada tantangan global dan juga internal yang memang sulit diprediksi situasinya, namun pemerintah tetap optimis dapat menghadapinya. “Saya kira internal optimis akan lebih baik,” kata Presiden.(ant/bj02)