Home Nasional Jokowi Himbau Polri Bersikap Netral Dalam Pilkada 2018

Jokowi Himbau Polri Bersikap Netral Dalam Pilkada 2018

69
0
Presiden Jokowi berfoto bersama.
         Semarang, 9/10 (BeritaJateng.net) – Presiden Republik Indonesia Joko Widodo berpesan kepada seluruh anggota Polri untuk bersikap netral dalam pemilihan kepala daerah atau pilkada serentak tahun 2018 mendatang.
           “Saya titip pesen, yang namanya polri itu harus netral dalam setiap kontestasi politik baik yang ada di kabupaten, baik yang ada di kota, baik yang ada di provinsi tahun 2018,” tuturnya saat memberikan pengarahan kepada peserta Apel Kepala Satuan Wilayah (Kasatwil) 2017 di Akademi Kepolisian di Semarang Jawa Tengah, Senin (9/10) siang.
            Mendekati pelaksanaan pilkada serentak 2018, Presiden Jokowi meminta kepada anggota Polri untuk segera memetakan potensi kerawanan dalam pilkada. Intelijen dari polri juga harus mampu menggali data krawanan tersebut dan mencari solusi untuk mengatasinya.
           Dari pengalamannya mengkuti Pilwalkot, Pilgub, hingga Pilpres, kondisi gelaran pemilihan umum bisa dilihat dari bebagai hal, salah satunya solidnya hubungan TNI dan Polri.
            “Kuncinya hanya satu, TNI dan Polri solid, selesai. Politik Polri adalah politik negara juga. Kalau loyal pada pimpinan pasti tidak akan ada yang macam-macam,” tambahnya.
            Apel Kasatwil Polri 2017 ini diikuti 546 peserta yang terdiri dari 19 pejabat utama  Polri, 33 Kapolda,  461 Kapolres Metro dan Kapolresta diseluruh Indonesia serta anggota Polri lainnya.
            Dalam apel Kasatwil 2017 juga di hadir sejumlah pejabat antara lain Mensesneg Pratikno, Menko Polhukam Wiranto, Panglima TNI Gatot Nurmantyo, dan Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo. (Nh/El)