Home Ekbis Jokowi akan Copot Dirut Pabrik Pupuk Jika Terlambat Distribusi

Jokowi akan Copot Dirut Pabrik Pupuk Jika Terlambat Distribusi

Presiden Jokowi saat kunjungan di Sukoharjo

Presiden Jokowi saat kunjungan di Sukoharjo

Sukoharjo, 31/1 (BeritaJateng.net) – Berbagai kunjungan ke daerah yang selama ini dilakukan Presiden Joko Widodo, petani selalu mengeluhkan adanya keterlambatan pupuk dan kelangkaan pupuk seringkali menghantui petani. 

Masalah keterlambatan pupuk bukan hanya terjadi di pulau Jawa saja namun hampir terjadi di seluruh wilayah di Indonesia. Karena itulah  masalah lambatnya pendistribusian pupuk maka Jokowi telah memerintahkan Menteri BUMN agar mencopot  Direktur Utama (Dirut) pabrik pupuk yang berada di bawah naungan BUMN. 

“Itu bisa menghambat  Indonesia untuk bisa  berswasembada pangan jika pupuknya terlambat. Maka Dirut Utama yang berkaitan dengan pupuk, saya pastikan di copot. Bukan diganti, tapi di copot ” tegasnya. 

Demi  mewujudkan Indonesia berswasembada pangan, perlu dilakukan penataan dari segala bidang yang terkait yang akan mendukung sektor pertanian. 

“Contohnya dengan membangun waduk-waduk di seluruh Indonesia untuk mendukung program Indonesia berswasembada pangan,” lanjutnya.

Jumlah waduk yang ada di Indonesia saat ini berjumlah 49 waduk. Nantinya jumlah waduk akan terus ditambah dengan membangun waduk baru. Selain itu perbaikan waduk yang rusak terus dilakukan sehingga tidak akan ada lagi kekeringan yang mengancam  areal persawahaan. (BJ24)