Home Lintas Jateng Joko Santoso Terpilih Kembali Jadi Ketua Pemuda Pancasila

Joko Santoso Terpilih Kembali Jadi Ketua Pemuda Pancasila

781
0

Semarang, 2/1 (BeritaJateng.net) – Joko Santoso kembali terpilih menjadi Ketua Majelis Pimpinan Cabang (MPC) Pemuda Pancasila Kota Semarang untuk masa bhakti tahun 2015-2019. Joko Santoso terpilih ketiga kalinya dalam Musyawarah Cabang (Muscab) Pemuda Pancasila Kota Semarang ke –VII di Gedung Juang Jalan Pemuda Semarang.

Joko yang juga sekaligus sebagai wakil ketua DPRD Kota Semarang itu dicalonkan kembali oleh Pengurus Anak Cabang (PAC) yang memiliki hak suara dalam pemilihan ketua Pemuda Pancasila. Selain pemilihan Ketua PMC Pemuda Pancasila dalam Muscab itu juga dibahas evaluasi kinerja pengurus lama, laporan pertanggungjawaban dan sekaligus pelantikan PAC se kota Semarang serta sebagai forum konsolidasi Pemuda Pancasila.

Menurut Joko Santoso pada prinsipnya dalam organisasi kemasyarakat (Ormas) Pemuda Pancasila pencalonan sebagai ketua semua tergantung penilaian dari 16 PAC se Kota Semarang yang memiliki hak pilih. Baik itu orang baru atau orang lama bisa dicalonkan, karena tidak ada kebiasaaan mencalonkan diri sebagai ketua di Pemuda Pancasila.

“Dalam pemilihan ketua kami mengutamakan musyawarah mufakat karena organisasi kami mewakili ideologi pancasila sehingga musyawarah mufakat harus diutamakan yaitu kesepakatan dari PAC, sebelum melakukan voting. Diharapkan yang terpenting ketua memiliki kriteria kapasitas dan mampu membesarkan Pemuda Pancasila,” katanya.

Sebelumnya Joko Santoso bersaing dengan lima nama calon yang masuk bursa pemilihan ketua dalam Muscab yaitu Adi Prakoso, Bambang Adi, Bambang Sutrisno, Agus Budi Utomo dan Moch Imron.

Joko menjelaskan, Muscab ini ada keterlambatan sekitar enam bulan, karena sebenarnya masa pengurus yang lama sudah habis pada Juni 2015 lalu. Hal ini disebabkan adanya pengunduran waktu Muscab dengan adanya perhelatan Pilkada Serentak. Maka dari itu, berdasarkan instruksi dari MPN dan MPW Pemuda Pancasila, Muscab harus dilaksanakan akhir Desember 2015, namun sebelumnya pihaknya harus menyelesaikan pelantikan PAC dari 16 Kecamatan.

Hadir juga dalam Muscab, yaitu Ketua MPW Pemuda Pancasila Provinsi Jawa Tengah Budi Supriyanto, Kepala Kesbangpolinmas Kota Semarang Himawan Kuncoro dan Ketua KPU Kota Semarang Henry Wahyono serta ratusan pengurus dan anggota Pemuda Pancasila lainnya. (Bj)