Home Headline Jimly : BG Jangan Jumawa

Jimly : BG Jangan Jumawa

JIMLYNSemarang, 16/12 (Beritajateng.net) – Pencabutan status tersangka Komjen Budi Gunawan menuai perhatian dari berbagai pihak.

Salah satunya dari wakil ketua tim sembilan Jimly Asshiddiqie. Dia mengatakan, meski sidang praperadilan Komjen Budi Gunawan diterima pengadilan, sewaktu waktu tetap bisa menjadi tersangka.

Ditemui usai memberikan Seminar Nasional di Hotel Horison, Mantan Ketua MK, Jimly Asshiddiqie menyarankan agar Budi Gunawan jangan bersikap jumawa setelah gugatan pra peradilannya dikabulkan hakim Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.

Jimly mengatakan, ada hikmah yang bisa diambil dari putusan praperadilan itu, yakni KPK dapat memperbaiki dan berhati-hati dalam menetapkan tersangka.

“Ya itu jadi pelajaran bagi KPK untuk memperbaiki dan berhati hati menetapkan status seseorang jadi tersangka, karena status tersangka di KPK tidak dapat di SP3,” ujarnya.

Dia menghormati keputusan praperadilan. Namun demikian praperadilan tidak menyalahkan substansi yang dipersangkakan.

“Kalau suatu saat KPK memperbaiki sesuai prosedur yang berlaku, bisa saja minggu depan atau bulan depan Budi Gunawan dinyatakan lagi sebagai tersangka, bisa saja kemungkinan itu terjadi,” tegasnya. (BJ05)