Home Lintas Jateng Jenasah Gusti Nurul Dilepas

Jenasah Gusti Nurul Dilepas

SOLO, 11/11 (BeritaJateng.net) – Jenasah Gusti Raden Ayu Siti Nurul Kamaril Ngasarati Kusumawardhani atau akrab disapa Gusti Nurul, putri dari Mangkunegara VII telah di Pura Mangkunegaran dan disemayamkan langsung di Pringgitan Dalem Agung Mangkunegaran komplek Pura Mangkunegaran Solo, Jawa Tengah.

Putra sulung Gusti Nurul, Sularso Basarah yang ditemui di Pura Mangkunegaran, Surakarta, Rabu (11/11/2015) siang menjelaskan bahwa ibundanya memang sebelumnya sakit karena memang sudah ‘sepuh’. Beberapa waktu lamanya sudah tidak bisa keluar rumah karena kondisinya yang lemah. Bahkan beberapa hari sebelum wafat sudah wafat dirawat di rumah sakit.

“Hingga pada hari Selasa kemarin, ibu menghembuskan nafas terakhirnya,” jelasnya kepada wartawan di Pura Mangkunegaran Solo Jawa Tengah.

Pihak keluarga, menurut Sularso tidak menerima pesan khusus terakhir dari Gusti Nurul. Namun dalam setiap waktu dan kesempatan selalu memberi nasihat bahwa harus selalu baik, selalu menjaga kerukunan dengan siapapun juga.

Usai mendapatkan penghormatan terakhir dari para kerabat diikuti dengan foto bersama keluarga, jenasah di bawa kehalaman pura untuk selanjutnya di lakukan upacara brobosan yaitu penghormatan terakhir dari keluarga dengan cara melewati bawah keranda jenasah dan memutarinya sebanyak tujuh kali.

Selanjutnya dengan menggunakan mobil jenasah milik TNI Angkatan Darat jenasah ‘sang kembang Mangkunegaran’ diberangkatkan ke Hastana Girilayu untuk kemudian di makamkan di samping makam ayahnya Pangeran Adipati Aryo Mangkunegoro VII. (BJ24)