Home Hukum dan Kriminal Jelang Tahun Baru, Polisi Sita Puluhan Liter Ciu

Jelang Tahun Baru, Polisi Sita Puluhan Liter Ciu

Semarang, 31/12 (beritajateng.net) –  Menjelang pergantian tahun baru dari 2014 ke 2015, petugas Polsek Gayamsari  menggelar razia miras, Rabu (31/12) siang.

Petugas yang melakukan pemeriksaan sejumlah tempat kos  di Jalan Plewan, Kelurahan Siwalan, Kecamatan Gayamsari menyita belasan liter minuman keras jenis ciu.

Kapolsek Gayamsari Kompol Dili Yanto mengatakan, pihaknya melakukan razia dengan sasaran miras untuk mengantisipasi tindak kejahatan yang biasanya pada malam tahun baru digunakan untuk mabuk dan menimbulkan aksi kriminalitas.

“Kita razia miras jenis ciu oleh karena itu kita antisipasi dahulu penyebarannya. Semua ini yang disita petugas yakni dalam kemasan air mineral siap jual,” katanya saat ditemui di Mapolsek.

Selain merazia miras disejumlah tempat kos, petugas juga mencurigai pasangan suami istri mengendarai motor saat melintas di jalan Karang Ingas dengan membawa dua dus besar.

“Ada pengendara yang kami curigai langsung lakukan pengecekan. Namun saat dicek didalam kardus diketahui berisi puluhan botol miras,” jelasnya.

Mengetahui pasangan tersebut membawa miras lanjut Kapolsek pihaknya langsung menyita miras. Saat ditanya nantinya miras ini akan dijualnya saat malam pergantian tahun.

Ciu yang disita ini, juga dipersiapkan untuk dijual pada malam pergantian tahun. Setiap botol berisi satu liter ciu, dijual seharga Rp 15 ribu, sedangkan botol berisi 1,5 liter ciu dijual seharga Rp 25 ribu.

Sementara itu, tiga orang pedagang miras tersebut dibawa ke Mapolsek Gayamsari, untuk dikenai tindak pidana ringan, atau tipiring. Sedangkan puluhan botol miras disita oleh petugas.

“Mereka yang terjaring razia ini akan segera diproses hukum melalui sidang tipiring,”pungkas Dili Yanto (BJ04).