Home Ekbis Jelang MEA 2020, OJK Akan Awasi Bank Asing

Jelang MEA 2020, OJK Akan Awasi Bank Asing

image

Semarang, 15/4 (Beritajateng.net)-Kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Kantor Regional IV Jateng-DIY Santoso Wibowo mengatakan saat berlakunya masyarakat ekonomi ASEAN (MEA) Perbankan 2020, OJK akan mengawasi bank asing yang beroperasi di Indonesia. Karena, lanjut Santoso bank asing juga harus mengikuti
aturan yang berlaku di Indonesia.

Ia mencontohkan Bank Malaysia jika akan membuka kantor cabang di Semarang, maka harus mematuhi aturan yang berlaku. Demikian juga sebaliknya untuk bank Indonesia yang akan buka cabang di Malaysia.

Namun demikian untuk bisa membuka cabang di negara lain dibutuhkan kesepakatan di antara kedua negara yang bersangkutan. Sementara yang telah menyatakan kesiapan menyambut MEA Perbankan 2020 adalah Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand dan Filipina.

Lebih lanjut Santoso menjelaskan, OJK dan Bank Indonesia (BI) saat ini tengah mendorong agar prinsip resiprokal bisa diterapkan dalam ASEAN Banking
Integration Framework (ABIF). Dalam perjanjian tersebut terdapat beberapa hal yang akan disepakati misalnya
kemampuan keuangan dan indikator keuangan perbankan, serta compliance terhadap aturan global.

Perjanjian bilateral tersebut harus bisa disepakati agar:perbankan dipayungi otoritas. Sementara perbankan yang datang ke Indonesia harus sudah disetujui otoritas di negaranya.(BJ23)

Advertisements