Home Lintas Jateng Jelang Lebaran, Pasar Murah Digelar Se-Kabupaten Blora

Jelang Lebaran, Pasar Murah Digelar Se-Kabupaten Blora

310

Blora, 28/5 (BeritaJateng.net) – Agar seluruh masyarakat bisa ikut merayakan kegembiraan saat Lebaran Idul Fitri 1440 H nanti, Pemerintah Kabupaten Blora melalui Dinas Perdagangan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Dindagkop UKM) pada hari Selasa (28/5) menggelar Pasar Murah 2019.

Bertempat di Blok T, Pasar Murah 2019 tingkat Kabupaten dibuka langsung oleh Bupati Djoko Nugroho beserta Ibu Tim Penggerak PKK Kabupaten Blora, Dra. Hj. Umi Kulsum dan jajaran Forkopimda bersama istri.

Pembukaan ditandai dengan pemberian paket sembako murah oleh Bupati didampingi Ketua Tim Penggerak PKK dan jajaran Forkopimda, kepada perwakilan warga kurang mampu sebanyak sepuluh orang.

Bupati Djoko Nugroho  dalam sambutannya merasa senang karena menjelang lebaran ini seluruh warga kurang mampu bisa ikut merasakan kebahagiaan dengan memperoleh sembako murah. Menurutnya Pasar Murah ini tidak hanya dilaksanakan di Blok T saja, namun juga di seluruh Kecamatan se-Kabupaten Blora.

“Yang ada di Blok T ini Pasar Murah tingkat Kabupaten. Di masing-masing Kecamatan juga ada. Sehingga bisa menyeluruh di seluruh wilayah. Semoga membawa berkah untuk semuanya. Saya ucapkan terimakasih kepada seluruh pihak yang telah membantu kesuksesan Pasar Murah ini,” lanjut Bupati.

Usai pemberian sembako secara simbolis dan sambutan, dilanjutkan dengan peninjauan Pasar Murah oleh Bupati dan seluruh undangan. Ribuan masyarakat juga telah berjubel memadati kawasan Blok T untuk menukarkan kupon sembako.

Kepala Dindagkop UKM Blora, Sarmidi, SP, MM menerangkan bahwa Pasar Murah kali ini menyediakan 6.297 paket untuk seluruh masyarakat kurang mampu yang ada di Kecamatan Kota Blora dan sekitarnya.

“Dari 6.297 paket sembako yang dijual, per paketnya seharga Rp 65 ribu. Namun masyarakat cukup membeli dengan harga Rp 20.000 saja dengan menyertakan kupon sembako yang telah dibagi sebelumnya melalui desa masing-masing,” ujar Sarmidi.

Satu KK menurutnya hanya boleh membeli satu paket saja. Sehingga tidak diperbolehkan membeli dua paket atau lebih. Hanya saja, pihaknya menyediakan penjualan sembako eceran dengan harga dibawah HET (Harga Eceran Tertinggi) di beberapa tenda. Sehingga masyarakat juga bisa membeli sembako lainnya secara eceran, bukan paket.

“Dalam penyelenggaraan Pasar Murah ini kami menggandeng berbagai pihak. Selain Dindagkop UKM, ada juga bantuan dari Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan, Dinas Peternakan dan Perikanan. Lalu Polres Blora, Kodim 0721/Blora, PKK Kabupaten Blora, Dharma Wanita, PKP RI Kabupaten Blora, Hiswana Migas, Perbankan, beberapa Swalayan dan swasta. Terimakasih untuk semuanya,” terang Sarmidi.

Sarmidi menerangkan,  di setiap kecamatan,  pasar murah juga di gelar dengan jumlah 400 paket sembako untuk masing-masing kecamatan.

“Targetnya keseluruhan nanti sekitar 12 ribuan paket sembako pasar murah bisa dinikmati masyarakat se Kabupaten Blora,” pungkas Sarmidi.

Tidak butuh waktu sehari, hanya beberapa jam usai dibuka, ribuan paket sembako murah itu langsung habis diserbu masyarakat. Isi tiap paket tersebut, berupa beras 2,5 kg, gula 1 kg, minyak 1 liter dan mie instan lima bungkus.

Sulastri, salah satu warga merasa senang bisa membeli sembako murah di Pasar Murah yang ada di Blok T. Ia mengucapkan terimakasih kepada pemerintah Kabupaten Blora yang sudah menyelenggarakan Pasar Murah menjelang lebaran.

“Tadi beli satu paket cuma dua puluh ribu dapat beras, minyak, gula dan mie. Dan beli tambahan beras untuk persediaan,” ungkap Sulastri. (El)