Home News Update Jelang Coblosan, KPU Demak Gencar Sosialisasi

Jelang Coblosan, KPU Demak Gencar Sosialisasi

632
0
Jelang Coblosan, KPU Demak Gencar Sosialisasi

Demak, 12/4 (BeritaJateng.net)  – KPU Demak kian gencar melakukan sosialisasi Pilgub Jateng tahun 2018. Sosialisasi dilakukan dengan bertatap muka langsung dengan masyarakat berbagai segmen, maupun pemasangan Alat Peraga Kampanye (APK) untuk mengenallkan para kandidat gubernur.

Hastin Atas Asih, Komisioner KPU Demak, divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat (Parmas), mengatakan, sesuai PKPU nomor 4 tahun 2017 tentang Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati serta Walikota, APK Pilkada Jateng difasilitasi oleh KPU Jateng.

“Selain APK, KPU juga memfasilitasi bahan kampanye seperti brosur, leaflet dan poster, serta iklan di media massa dan debat publik,” kata Hastin, seusai acara sosialisasi di Komunitas Rumah Kita (Koruki) , Desa Karangsari, Kecamatan Karangtengah.

Adapun APK yang difasilitasi oleh KPU , untuk masing masing kabupaten/ kota, yakni
baliho sebanyak 5 buah , spanduk 2 buah serta umbul – umbul sebanyak 20 buah.

“Pasangan calon dapat membuat APK tambahan maksimal sebanyak 150% dari jumlah yg tentukan, dengan desain dan ukuran sama dengan APK yg difasilitasi oleh KPU,” jelasnya.

Selain APK, KPU juga memfasilitasi penyebaran kampanye berupa fliyer, leaflet, booklet dan poster.

“Tim kampanye pasangan calon juga diperbolehkan membuat bahan kampanye lainnya seperti tutup kepala, pakaian, tempat minum dan stiker, asalkan ukurannya sesuai ketentuan dan jika dikonversikan harga satuannya maksimal sebesar Rp. 25.000,” ujarnya.

Puluhan warga hadir dalam acara betajuk ” Ngaji dan Sosialisasi Bareng Koruki “.

Warga dari berbagai macam profesi, diantaranya Guru PAUD, Guru SD hingga manula, serius mengikuti acara sosialisasi itu.

Sebelum sosialisasi, dilaksananakan, mereka terlebih dahulu membaca tahlil dan doa bersama untuk Pilkada Jateng yang damai dan adem ayem.

Sementara itu, Kusfitria Martyasih, Ketua Komunitas Rumah Kita ( Koruki) Demak, acara sosialisasi itu untuk memberikan informasi terkait kesiapan Pilkada Jateng di Kabupatem Demak.

Kusfitria yang akrab disapa Bunda Pipiet itu, mengajak para peserta yang mayoritas ibu – ibu, untuk ikut berpartisipasi aktif dalam gelaran pesta demokrasi untuk memilih orang nomor satu di Jateng.

“Dengan adanya sosialisasi ini, kami berharap kaum Ibu bisa lebih mengenali pasangan calon dan mengetahui visi misinya, sehingga pada saat pemungutan suara nanti, tidak asal mencoblos. Sosialisasi ini, diharapkan bisa membuka hati dan nurani mereka untuk memilih pemimpin yang baik, ” lanjutnya. (El)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here