Home Ekbis Jelan Natal dan Tahun Baru Bupati Kendal Instruksikan Pantau Harga Sembako

Jelan Natal dan Tahun Baru Bupati Kendal Instruksikan Pantau Harga Sembako

Sembako .Foto/Ist

Kendal,23/12 (Beritajateng.net) – Bupati Widya Kandi Susanti, meminta kepada seluruh dinas SKPD terkait agar memberikan perhatian lebih terhadap ketersediaan dan kelancaran distribusi kebutuhan pokok dan sembako, serta kelancaran arus lalu lalu lintas, jelang perayaan Natal dan Tahun Baru nanti.

Pernyataan itu disampaikan Sekretaris Daerah (Sekda) Kendal, Bambang Dwiono saat membacakan sambutan Bupati ketika membuka Rapat Koordinasi Bidang Ekonomi Keuangan dan Industri Daerah (Rakorbid Ekuinda) Kabupaten Kendal, Semester II, digelar di Operation Room (OR), Kompleks Gedung Setda Kendal, Selasa (23/12).

Dalam sambutan tersebut, Bupati mengatakan, pihaknya berusaha menjamin ketersediaan dan kelancaran distribusi kebutuhan pokok dan sembako dengan cara melakukan monitoring harga di pasar-pasar setempat. Selain itu juga menjamin ketersediaan dan kelancaran distribusi BBM.

“Kelancaran arus lalu lalu lintas dan peningkatan pelayanan angkutan umum juga sangat diperlukan. Tidak lupa untuk turut memantau daerah-daerah rawan kecelakaan dan lintasan sebidang jalur kereta api karena situasi biasanya padat kendaraan yang melintas,” ujar Bambang.

Menyikapi kondisi musim hujan sekarang ini, dalam rakor dibahas tentang kesiapan tanggap darurat bencana. Adanya tradisi masyarakat dalam menyambut tahun baru, dengan penyelenggaraan hiburan di malam tahun baru pun tidak luput dari perhatian. “Agar situasi lebih kondusif maka perlu dilakukan operasi pekat seperti halnya perjudian, prostitusi dan minuman keras,” katanya.

Rakor yang diadakan menjelang akhir tahun 2014 tersebut, dipersiapkan dalam rangka menyongsong tahun 2015 agar Kabupaten Kendal mencapai pertumbuhan ekonomi yang berkualitas. “Caranya dengan menciptakan lapangan pekerjaan, peningkatan kehidupan sosial, pendidikan, dan infrastruktur pembangunan yang memadai,” tambahnya.

Bupati juga memberikan perhatian khusus terhadap kesejahteraan desa. Menurutnya, upaya memajukan perekonomian masyarakat desa harus terus ditingkatkan. “Salah satunya dengan meningkatkan produktivitas masyarakat desa melalui kegiatan perekonomian di desa, seperti menciptakan kelompok UMKM dan industri rumahan.” pungkasnya. (dye/ss)