Home News Update Javanologi UNS Akan Bedah Pemikiran Bung Karno Terkait Nasionalisme

Javanologi UNS Akan Bedah Pemikiran Bung Karno Terkait Nasionalisme


SahidSolo, 13/6 (BeritaJateng.net) – Pusat Studi Javanologi Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo gelar Seminar Nasional dengan mengambil tema Nasionalisme dan Pemikiran Bung Karno untuk Indonesia yang kan di laksanakan di Gedung Pusdiklat UNS, Senin (15/6/2015) mendatang.

Kepala Pusat Studi Javanologi LPPM UNS, Sahid Teguh Widodo, menjelaskan Seminar Nasional ini digelar untuk mengulas kembali pemikiran bung Karno tentang nilai-nilai nasionalisme yang mulai memudar. 

“Seminar ini akan menghadirkan tiga narasumber utama yakni Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo, Kepala Perpustakaan Proklamator Bung Karno, Suyatno, dan Isharyanto dari Pusat Studi Javanologi UNS,” jelas  Sahid Teguh Widodo di Solo Jawa Tengah, Sabtu, (13/6/2015). 

Menurut Sahid, seminar ini menghadirkan Suyatno dari Perpustakaan Proklamator Bung Karno di Blitar. Dimana perpustakaan tersebut menyimpan koleksi khusus milik bung Karno bahkan tulisan tangan asli bung Karno juga tersimpan di dalam musium tersebut. 
Sehid juga menjelaskan bahwa   pemahaman nasionalisme ‘the founding father’ ini pada tataran pemikiran maupun tataran praksis telah mempengaruhi sejarah pembentukan dan pertumbuhan bagi  Bangsa Indonesia. 

Bahwasanya pemikiran dari Soekarno terkait nasionalisme tidak lepas dari  pemahaman Soekarna atas kondisi bangsa sejak masa pergerakan.
Nasionalisme Bung Karno menjadi landasan bersama bagi semua  pergerakan di Indonesia tentang identitas kebangsaan untuk membangun persatuan dan kesatuan untuk yang nantinya akan  mewujudkan cita-cita Indonesia yang merdeka, berdaulat, adil, dan makmur. (BJ24)